get app
inews
Aa Read Next : Tak Perlu Ke Dokter, ini 15 Obat Alami yang Ampuh atasi Batuk

Ini Dia 5 Manfaat Ngemil Yoghurt buat Ibu Hamil 

Selasa, 01 Maret 2022 | 19:16 WIB
header img
Ilustrasi

Yoghurt diketahui merupakan salah satu produk fermentasi bakteri berasal dari susu. Manfaat yoghurt bagi ibu hamil didapat dari proses pembuatannya yang menghasilkan asam laktat, yaitu zat yang membuat protein susu mengental sehingga yoghurt dikatakan sebagai produk aman untuk dikonsumsi ibu hamil. 
 
Mengutip dari John Hopkins Medicine, ibu membutuhkan asupan makanan yang baik saat hamil yang mendandung vitamin serta mineral untuk membantu perkembangan janin. Berikut manfaat yoghurt bagi ibu hamil yang dirangkum dari berbagai sumber  

1. Menguatkan tulang dan gigi 
Manfaat yoghurt bagi ibu hamil yang pertama adalah untuk menguatkan tulang dan gigi. Jika Anda menginginkan yoghurt yang dingin dan kaya rasa cobalah smoothie yogurt. Yogurt diketahui merupakan sumber kalsium baik diperlukan untuk perkembangan tulang dan gigi bayi, serta fungsi jantung, saraf, dan otot.  Manfaat yoghurt bagi ibu hamil, tentu saja sangat berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan gizi seperti kalsium. Sebab, bila ibu hamil tidak mengkonsumsi cukup kalsium, tubuh Anda akan mengambilnya dari tulang. Yogurt juga menyediakan protein, bahan pembangun jaringan serta probiotik yaitu bakteri baik yang membantu Anda mencerna makanan. 

2.Merawat pencernaan 
Manfaat yoghurt bagi ibu hamil berikutny taitu merawat pencernaan. Khusus ibu hamil tak perlu sungkan mengkonsumsi yoghurt, sebab bayi Anda membutuhkan pasokan kalsium stabil untuk tulangnya.  Anda membutuhkannya untuk menjaga tulang tetap kuat dan membantu fungsi saraf serta otot.  

Selain itu perlu diketahui, mengenai manfaat yoghurt bagi ibu hamil. Bahwa tiga sampai empat porsi makanan susu dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan kalsium harian dan yogurt adalah salah satu pilihan terbaik. Tetapi tidak semua yogurt termasuk dalam cemilan kehamilan yang sehat. 

Varietas polos adalah pilihan yang lebih baik daripada yang beraroma, karena bebas gula tambahan dan membuatnya lebih mudah untuk menjaga asupan kalori Anda. 

3. Membantu perkembangan sel  
Manfaat yoghurt bagi ibu hamil lainnya adalah mengembangkan sel. Yoghurt diketahui mengandung protein sehingga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Protein ini berfungsi untuk melancarkan metabolisme dengan membakar kalori. Selain itu, protein juga mempunyai senyawa asam amino yang bermanfaat untuk membentuk sel bayi dalam kandungan. 

Sehingga dengan keberadaan asupan protein yang cukup, maka sel-sel pun bisa berkembang dengan baik. 

Manfaat yoghurt bagi ibu hamil pun dapat dirasakan maksimal berkat kandungan protein yang cukup di dalamnya.  

4. Menjaga berat badan hamil yang ideal 
Manfaat yoghurt bagi ibu hamil selanjutnya adalah untuk menjaga agar berat badan hamil sang ibu ideal. Diketahui selama proses kehamilan, idealnya berat badan ibu hamil akan bertambah sebanyak 11–16 kg.  

Sehingga salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga penambahan berat badan yang sehat dan ideal selama hamil yaitu dengan rutin mengonsumsi makanan bernutrisi, termasuk yoghurt. 

Di samping itu, kandungan protein pada yoghurt juga baik untuk membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama, karenanya ibu hamil bisa lebih mudah mengontrol nafsu makan dan terhindar dari dorongan untuk ngemil berlebihan. Hal ini menjadikan yoghurt baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas. 

5. Mencegah komplikasi 
Manfaat yoghurt bagi ibu hamil lainnya adalah untuk mencegah komplikasi. Yoghurt dipercaya memiliki manfaat untuk mengurangi risiko terjadinya berbagai komplikasi kehamilan, misalnya diabetes gestasional dan preeklamsia. 

Tak hanya itu, kandungan probiotik pada yoghurt bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh dan mengurangi risiko ibu hamil untuk terkena penyakit, misalnya infeksi vagina.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut