get app
inews
Aa Read Next : Di Filipina Bawang Merah Jadi Barang Mewah, Harganya Tembus Rp192 Ribu PerKg

Tak Perlu Ke Dokter, ini 15 Obat Alami yang Ampuh atasi Batuk

Jum'at, 22 Juli 2022 | 11:11 WIB
header img
Tak Perlu Ke Dokter, ini 15 Obat Alami yang Ampuh atasi Batuk (Foto: Okezone)

JAKARTA - Batuk dapat mengakibatkan tenggorokan dan dada terasa sakit, hingga suara Anda bisa berubah, bahkan hilang akibat adanya hal yang tak beres dalam tenggorokan. Guna menghilangkan batuk yang menyiksa, maka dibutuhkan obat-obatan sebagai penyembuhnya. Bahkan di antaranya, ada obat alami supaya penyakit tersebut bisa lebih mereda serta sembuh secara perlahan.

Dikutip dari Sindonews (22/7/2022), berikut ini 15 obat alami yang bisa dikonsumsi saat sedang terserang batuk.

1. Jeruk Nipis dan Kecap

Barangkali obat batuk alami satu ini sudah sangat umum dan populer sejak dulu untuk mengobati batuk. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis, mampu mengobati batuk serta meningkatkan resistensi tubuh terhadap berbagai serangan penyakit.

Selain itu, kandungan minyak atsiri pada jeruk nipis mampu meringankan batuk. Sehingga memberikan sensasi lega pada tenggorokan.

2. Air Jahe dan Madu

Selain menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, air jahe dan madu juga cocok untuk obat batuk secara alami. Hangatnya jahe, bisa meredakan tenggorokan yang sedang tidak baik-baik saja.

Begitu juga dengan madu, sejak dulu bahan alami yang berasal dari lebah ini bisa membantu mengobati berbagai penyakit. Termasuk batuk, apalagi dicampur dengan air rebusan jahe.

3. Nanas

Rasa asam manis yang ada pada nanas, dapat menjadi obat batuk alami karena mengandung enzim bromelain. Kandungan bromelain dari enzim proteolytic dan protease ini, memiliki sifat anti inflamasi.

Sehingga memecah dahak yang menggumpal di bagian tenggorokan dan paru-paru. Akan tetapi Anda harus perhatikan, jika dikonsumsi dengan obat antibiotik, enzim bromelain dalam nanas bisa mengurangi keampuhan obat dalam melawan bakteri.

4. Anggur

Selain nanas, buah anggur juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain baik bagi kesehatan pencernaan, membersihkan usus, juga bisa memurnikan darah.

Tak hanya itu saja, anggur juga merupakan salah satu bahan alami yang bisa dijadikan obat batuk. Sifat ekspektoran pada buah satu ini mampu mengeluarkan lendir yang menumpuk pada saluran pernapasan.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut