get app
inews
Aa Read Next : Terciduk BPOM! Ada Kandungan Pengawet Mayat dalam Bahan Makanan di Pasar Induk Batang

Waspada Obat dan Pangan Ilegal! BPOM Sita Kopi Berbahan Parasetamol dan Slidenafil Picu Sakit Kanker

Sabtu, 05 Maret 2022 | 10:13 WIB
header img
Ilustrasi

BADAN Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyita produk berupa obat tradisional dan pangan illegal dalam bentuk kopi yang mengandung bahan kimia seperti Parasetamol dan Slidenafil yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Dari temuan operasi Badan POM terkait obat tradisional dan produk pangan (kopi) yang mengandung bahan kimia obat ini ditaksir dengan nilai total ekonomi mencapai Rp 1 ½ miliar.

“Totalnya nilai ekonominya perkiraan Rp1 1,5milyar, tapi saya kira bukan hanya nilai ekonomi saja, tapi juga rentetan nilai-nilai keekonomian yang tak terhitung dalam hal ini,” ungkap Kepala Badan POM RI, Penny Lukito.

Obat tradisional dan hasil pangan yakni kopi yang dibuat disarana produksi illegal di Bandung dan Bogor tersebut, diketahui mengandung kandungan bahan kimia obat, Sildenafil dan Parasetamol di dalamnya.

“Ditemukan sarana ilegal yang tidak hanya meproduksi obat tradisional yang mengandung bahan kimia obat, tapi juga produk pangan dalam bentuk kopi yang mengandung sildenafil dan parasetamol,” ujar Kepala Badan POM RI, Penny Lukito, dalam konferensi pers Hasil Operasi Penindakan Produk Ilegal, Jumat (4/3/2022).

Dibuat sembarangan, tak memenuhi indikator syarat produksi obat tradisional dan pangan yang baik. Resiko kesehatan mengintai produk-produk illegal tersebut, karena adanya penggunaan yang tidak tepat dari bahan kimia obat tersebut.

“Risiko dari penggunaan dan waktu yang tidak tepat, bisa berupa gangguan jantung, gangguan hati, sakit ritme jantung, dan berpengaruh juga ke kesehatan alat reproduksi,” tambah Penny.

Tak hanya, itu selain risiko kesakitan, Penny menyebut resiko fatal seperti kematian juga menjadi salah satu dampak dari konsumsi obat tradisional dan kopi yang mengandung sildenafil dan parasetamol tersebut.

“Penyakit kanker juga dimungkinkan tentunya, bahkan bisa menyebabkan kematian,” imbuhnya lagi.
 

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut