get app
inews
Aa Read Next : Para Janda Minta Putin Melarang Pria Rusia ke Luar Negeri

Pesawat Tempur Hancur dan Banyak Tentara Ditangkap, Presiden Ukraina Minta Pasukan Rusia Menyerah!

Rabu, 16 Maret 2022 | 10:22 WIB
header img
Pesawat Tempur Hancur dan Banyak Tentara Ditangkap, Presiden Ukraina Minta Pasukan Rusia Menyerah (Foto: Okezone)

UKRAINA - Pasukan Rusia diminta  menyerah oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dalam pidato unggahan video online pada Selasa (15/3) pagi.

Dalam pidatonya Zelensky mengatakan ribuan tentara Rusia telah ditangkap atau telah menyerah. Bulan ini, Pentagon mengatakan beberapa tentara Rusia telah menyerah, tetapi tidak disebutkan berapa banyak yang telah menyerah, pada Sabtu (12/3).

Zelensky juga mengatakan Rusia telah kehilangan 90 pesawat tempur dan pasukan Rusia tidak mengharapkan perlawanan seperti itu.

“Atas nama rakyat Ukraina, saya memberi Anda kesempatan,” tegasnya.

“Jika Anda menyerah kepada pasukan kami, kami akan memperlakukan Anda sebagaimana seharusnya diperlakukan – sebagai manusia, dengan sopan,” lanjutnya.

“Mereka percaya pada propaganda mereka, yang telah berbohong tentang kami selama beberapa dekade,” jelasnya.

Zelensky juga mengatakan bahwa dia berterima kasih kepada orang-orang Rusia yang terus memerangi disinformasi Rusia tentang perang. Salah satunya yakni seorang wanita yang bekerja sebagai pembaca berita stasiun televisi yang dikelola Rusia. Pada Senin (14/3) malam, dia mengacungkan tanda yang mengatakan, “Mereka ' berbohong padamu di sini.”

Wanita itu diketahui bernama Marina Ovsyannikova dan bekerja untuk Channel 1. Menurut OVD-Info, sebuah kelompok aktivis yang mendukung orang-orang Rusia yang ditahan karena memprotes, dia kemudian ditahan dan ditahan di sebuah kantor polisi kecil.

“Bagi mereka yang tidak takut untuk memprotes: Selama negara Anda belum sepenuhnya menutup diri dari seluruh dunia, berubah menjadi Korea Utara yang sangat besar, Anda harus berjuang,” katanya.

"Kamu tidak boleh kehilangan kesempatanmu,” tegasnya.

Zelensky mengatakan beberapa tentara Rusia melarikan diri dari medan perang dan meninggalkan peralatan tempur.

“Hari ini, pasukan Rusia, pada kenyataannya, adalah salah satu pemasok peralatan untuk tentara kami,” ujarnya.

Berbicara kepada wajib militer dan perwira Rusia, Zelensky bertanya kepada mereka, “Mengapa kamu harus mati?”

"Untuk apa? Aku tahu kamu ingin bertahan. Kami mendengar percakapan Anda di intersep. Kami mendengar apa yang sebenarnya Anda pikirkan tentang perang yang tidak masuk akal ini, tentang aib ini dan tentang negara Anda,” ungkapnya.

Seruan Zelensky untuk menyerah bukanlah pertama kalinya pemerintah Ukraina mengajukan proposal seperti itu kepada pasukan Rusia. Dua minggu lalu, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov menawarkan uang tunai dan amnesti kepada tentara Rusia jika mereka menyerah.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut