get app
inews
Aa Read Next : Marc Marquez Jagokan Francesco Bagnaia Juarai MotoGP 2022

5 Fakta Menarik Selama Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika

Rabu, 23 Maret 2022 | 09:45 WIB
header img
Fakta menarik selama gelaran MotoGP Mandalika 2022 (Foto: RCTI)

JAKARTA, iNews.id - MotoGP kembali digelar di Indonesia setelah 25 tahun lalu, simak fakta-fakta menarik terkait gelaran MotoGP Sirkuit Mandalika tahun 2022 yang perlu Anda ketahui.

Pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira, menjadi juara di MotoGP Mandalika 2022. Dia jadi pembalap MotoGP pertama yang juara di Sirkuit Mandalika Lombok, NTB pada Minggu (20/3/2022) kemarin.

Balapan sempat tertunda selama 1 jam 15 menit. Hujan deras menguyur Sirkuit Mandalika membuat trek basah.

Namun, Miguel Oliveira dapat menaklukkan trek basah Sirkuit Mandalika. Dia menjadi pemenangan di depan sang juara bertahan, Fabio Quartararo dan pembalap Pramac Ducati, Johann Zarco.

Berikut fakta-fakta MotoGP di Sirkuit Mandalika :

1. Rara Pawang Hujan di Sirkuit Mandalika Jadi Sorotan Media Eropa

Aksi pawang hujan di MotoGP Mandalika 2022 menyita perhatian dunia. Bahkan, media Swiss Speedweek ikut menyoroti kerja pawang hujan di MotoGP Mandalika 2022.

MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Minggu (20/3/2022) sempat tertunda karena hujan deras. Penundaan kurang lebih sejam.

Hujan deras tiba-tiba datang jelang balapan kelas tertinggi MotoGP. Trek pun digenangi air.

Pengarah balap beberapa kali mengitari lintasan untuk memantau keadaan lintasan menggunakan mobil. Pihak panitia lokal menurunkan bantuan pawang hujan. Bahkan pawang hujan sempat tertangkap kamera melakukan ritual di sekitar pit line.

Aksinya pun mengundang perhatian penonton, kru hingga pembalap. Pawang hujan itu diketahui bernama Rara Istiwulandari. Uniknya, sesaat setelah pawang hujan itu turun melakukan ritual, hujan berangsur reda.

Speedweek menceritakan kondisi di Sirkuit Mandalika saat turun hujan. Mereka menyebut hujan secara tiba-tiba mereda berkat Rain Handler atau 'Rain Handler' di area start/finish.

"Seorang dukun hujan wanita yang bertugas mengusir badai saat kilat, guntur, dan hujan monsun mengguyur lintasan GP sepanjang 4,3 km. Di Indonesia, "penangan hujan" adalah orang-orang dengan kemampuan dunia lain yang diyakini masyarakat dapat mengendalikan hujan atau bahkan cuaca," tulis Speedweek.

2. Miguel Oliveira Dedikasikan Juara MotoGP Mandalika untuk Staf Hotel

Pembalap tim KTM Red Bull Miguel Oliveira mempersembahkan juara di MotoGP Mandalika 2022 kepada sang anak dan staf hotel bernama Risman. Nama Risman langsung trending topik di media sosial Twitter.

Dia pun senang dengan gelar juara di Sirkuit Mandalika. Dia mempersembahkan gelar juara itu untuk orang-orang penting dalam gelaran MotoGP Mandalika, salah satunya Risman. Saya sangat emosional, seperti naik roller coaster, ucap Oliveira dari wawancara Dorna setelah balapan.

Saya telah janji sebelumnya kepada putri saya untuk membawa trofi dari Indonesia, jadi ini untukmu sayang. Juga untuk Risman, seorang staf di hotel saya yang selalu membantu saya, lanjut Oliveira.

Risman adalah staf hotel di tempat Miguel Oliveira menginap. Dia menyebut Risman selalu membantunya selama di Mandalika.

3. Marc Marquez Tak Ikut Balapan di Sirkuit Mandalika

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez dipastikan tidak mengikuti balapan MotoGP Mandalika 2022. Diduga, Marquez mengalami cedera di kepala usai kecelakaan.

Pembalap berjuluk The Baby Alien itu diduga gegar otak usai kecelakaan saat pemanasan. Hal ini diketahui dari cuitan akun resmi MotoGP.

Mengutip cuitan Twitter MotoGP, rider Repsol Honda itu terkena gegar otak. Dia pun harus absen dalam balapan penting di Sirkuit Mandalika, Lombok, Minggu (20/3/2022).

"BREAKING: @marcmarquez93 will NOT race in the #IndonesianGP," cuit akun MotoGP.

4. Jokowi Jagokan Marc Marquez, Lalu Ganti Fabio Quartararo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sempat menjagokan pembalap asal Spanyol, Marc Marquez dalam ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok. Sayangnya, Marquez batal mengikuti balapan MotoGP setelah mengalami kecelakaan pada sesi latihan pagi tadi.

Jokowi kemudian beralih menaruh harapan alias menjagokan pembalap asal Prancis, Fabio Quartararo. Diketahui, Fabio Quartararo menjadi juara kedua pada gelaran balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, hari ini.

"Jagoannya, Marc Marquez, tetapi karena dia tidak ikut, ganti ke Fabio Quartararo, juara dua," kata Presiden Jokowi dikutip melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (20/3/2022).

Sekadar informasi, Marc Marquez memang dijagokan banyak pihak dalam ajang balapan MotoGP Mandalika 2022. Banyak pihak yang memprediksi Marquez bakal berada di podium juara pertama.

5. Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke Masyarakat NTB

Balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) selesai digelar, Minggu (20/3/2022). Presiden Jokowi menyerahkan trofi kepada para pembalap yang berhasil meraih podium yakni Miguel Oliveira; Fabio Quartararo; dan Johann Zarco.

Usai menyaksikan secara langsung gelaran balapan MotoGP, Presiden Jokowi mengapresiasi kerja sama seluruh pihak. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Ya ini sebuah event besar dari olahraga motor yang sangat luar biasa. saya ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya, terutama masyarakat NTB, masyarakat Lombok yang telah memberikan dukungan penuh," kata Presiden Jokowi yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (20/3/2022).

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut