get app
inews
Aa Read Next : Pengusaha Jalan Tol Asal Simbangwetan Terima Kunjungan Politik DPC PDIP Kabupaten Pekalongan

Biar Makin Pede, Berikut Tips Memutihkan Gigi Kuning Membandel

Sabtu, 26 Maret 2022 | 15:15 WIB
header img
Biar Makin Pede, Berikut Tips Memutihkan Gigi Kuning Membandel (foto: Freepic)

Gigi yang kuning bisa banget menurunkan tingkat percaya diri seseorang, oleh sebab itu simak tips memutihkan gigi kuning membandel berikut.

Penyebab Gigi kuning  karena konsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat kromogen berlebihan, kebiasaan merokok, hingga kebiasaan menggosok gigi dengan cara yang salah.

Berikut  tips memutihkan gigi kuning membandel dikutip dari berbagai sumber; 

1. Menggunakan pasta gigi yang mengandung blue covarine

Blue Covarine merupakan salah satu kandungan yang sering ditemukan dalam pasta gigi pemutih. Manfaatnya adalah untuk memberikan efek ilusi mencerahkan yang dapat menyebabkan gigi tampak lebih putih.

Blue Covarine juga dapat menyamarkan noda yang terdapat pada lapisan terluar gigi atau enamel. Tak seperti kandungan pemutih gigi lainnya, Blue Covarine bisa langsung terlihat efeknya sesaat setelah Anda menggosok gigi.

Anda bisa mulai menggunakan pasta gigi dengan kandungan blue covarine yang dijual bebas di pasaran dari berbagai merek.

2. Meminimalisir konsumsi kopi, teh hitam, dan wine

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel bisa dengan mengurangi konsumsi kopi dan teh. Ternyata penyebab gigi berwarna kuning bisa jadi karena konsumsi kopi, teh hitam, dan wine secara berlebihan.

Kopi, teh hitam, dan wine diketahui mengandung kromogen atau zat warna yang dapat menutupi warna putih pada enamel gigi.

Tak hanya kromogen, tanin yang sangat tinggi juga ditemukan dalam ketiga jenis minuman tersebut. Tanin inilah yang berdampak besar terhadap perubahan warna pada gigi.

Apabila tidak bisa dikurangi, Anda dianjurkan untuk langsung menyikat gigi menggunakan pasta gigi pemutih sesaat setelah mengonsumsi kopi, teh hitam, ataupun wine.

3. Menghindari konsumsi gula secara berlebihan

Tak hanya mempercepat pengeroposan gigi, gula ternyata juga mempengaruhi warna gigi jika dikonsumsi secara berlebihan. Gigi akan menjadi lebih cepat kuning karena gula mampu mempercepat pertumbuhan bakteri Streptococcus yang menjadi penyebab plak dan radang gusi.

Oleh sebab itu, Anda bisa menghindari konsumsi gula secara berlebihan untuk meminimalisir terjadinya warna kuning pada permukaan gigi. Apabila terpaksa harus mengonsumsi gula, Anda bisa segera menyikat gigi menggunakan pasta gigi pemutih setelahnya.

4. Berhenti merokok

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel salah satunya berhenti merokok. Kandungan tembakau dalam rokok akan menghasilkan noda pekat yang menempel pada enamel gigi. Noda dari tembakau bahkan diketahui sangat sulit untuk dibersihkan, bahkan dengan menggosok gigi sekalipun. Maka dari itu, Anda harus mulai berhenti merokok apabila tidak ingin gigi Anda semakin kuning.

5. Melakukan bleaching gigi

Apabila cara-cara di atas tidak mampu mengatasi warna gigi Anda yang semakin kuning, maka Anda bisa melakukan bleaching sebagai solusinya.Anda bisa mengunjungi rumah sakit atau klinik gigi terdekat untuk melakukan treatment tersebut.

Saat dilakukan bleaching, gigi Anda akan menerima bahan kimia berupa hidrogen peroksida dan karbamid peroksida dan sinar laser yang berfungsi untuk memutihkan permukaan gigi. Anda juga bisa menggunakan beberapa cara memutihkan gigi kuning yang membandel tersebut sebagai langkah pencegahan.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut