get app
inews
Aa Read Next : 9 Jalan Masuk Kota Mekah Yang Tidak Bisa Dimasuki Dajjal

Marhaban Ya Ramadan, Ini 10 Tempat Istimewa di Makkah dan Madinah yang Wajib Dikunjungi saat Ramadan

Minggu, 03 April 2022 | 13:17 WIB
header img
Masjid Nabawi di Kota Madinah (Foto: Okezone)

Terdapat berbagai tempat menakjubkan yang suci dan bersejarah di Kota Makkah dan Madinah selama Ramadan. Lantas, dimana sajakan 10 Tempat Istimewa di Makkah dan Madinah? Berikut informasinya.

Berikut ini 10 Tempat Istimewa di Makkah dan Madinah yang wjib dikunjungi;

1. Masjidil Haram

Masjid terbesar di dunia ini menjadi salah satu tujuan utama bagi umat muslim yang tengah menunaikan ibadah haji dan umrah. Di dalam masjid ini ada sebuah Kakbah yang menjadi kiblat umat muslim saat beribadah. Di sini juga sebagai tempat untuk tawaf dan sa’i.

Lokasinya berada di kota Makkah. Ketika malam hari, Masjidil Haram akan terlihat begitu indah dengan dihiasi lampu yang gemerlap.

2. Bir Ali dan Tan’im

Bir Ali berlokasi di kota Madinah dan Tan’im berlokasi di kota Makkah. Bir ali menjadi syarat umrah yang utama sedangkan Tan’im sebagai syarat sunnah umrah. Bir Ali adalah sebuah masjid yang dibangun dekat dengan tempat berteduhnya Nabi Muhammad SAW pada masa itu.

3. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi berada di kota Madinah dan merupakan sebuah masjid yang dibangun langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Dulunya, tempat ini ditinggali oleh Nabi Muhammad SAW dan sebagai tempat berkumpulnya sahabat nabi.

4. Padang Arafah

Padang Arafah adalah sebuah tempat berkumpulnya seluruh jamaah haji dari penjuru dunia. Di sini mereka akan melakukan wukuf. Padang Arafah diyakini sebagai tempat pertemuan antara Adam dan Hawa.

5. Mina

Mina merupakan sebuah padang pasir yang berada di wilayah Makkah. Di Mina terdapat aktivitas lempar jumrah, yaitu salah satu syarat dalam melaksanakan haji.

6. Muzdalifah

Sebelum melakukan lempar jumrah di Mina, biasanya jamaah haji akan bertandang ke Muzdalifah untuk mengumpulkan batu . Mereka akan bermalam di Muzdalifah sebagai salah satu rangkaian haji.

7. Gua Hira

Gua Hira adalah sebuah tempat di Jabal Nur, berlokasi kurang lebih 6 kilometer sebelah utara Masjidil Haram. Di sinilah Nabi Muhammad SAW pertama kali mendapatkan wahyu, yaitu Surat Al Alaq ayat 1 - 5.

8. Safa dan Marwa

Tempat ini menjadi saksi sejarah akan perjuangan Siti Hajar yang berlari ke Safa dan Marwa untuk mencari air bagi putranya, Nabi Ismail AS, yang kala itu masih sangat kecil.

9. Mata Air Zamzam

Tidak afdal jika bertandang ke Makkah dan Madinah tanpa membawa pulang air zamzam. Air zamzam diyakini hanya ada di Kota Makkah dan tidak pernah kering meskipun saat musim kemarau.

10. Maqom Ibrahim

Tempat ini bukan sebuah makam, namun sebuah tempat dimana Nabi Ibrahim berdiri dan membangun Kakbah.

Itulah 10 Tempat Istimewa di Makkah dan Madinah.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut