get app
inews
Aa Read Next : Berkah Ramadan, Raja Salman Kirim 100 Ton Kurma Premium dan Al Quran untuk Indonesia

Menu Sahur Bergizi:Kombinasi Kurma-Semangka-Jeruk

Selasa, 05 April 2022 | 01:00 WIB
header img
menu Sahur Segat Ala dr Zaidul Akbar (RCTIplus.com)

JAKARTA,iNews - Sahur sangat penting agar kita tak kekurangan nutrisi saat erpuasa sekitar 14 jam. Dokter, pendakwah Islam, konsultan, praktisi pengobatan sunnah Indonesia, dr. Zaidul Akbar punya tips menu sahur bergizi.

Dikutip dari akun Facabook Asma Nadia, dr. Zaidul bilang cobalah membiasakan makan kurma dikombinasikan dengan semangka dan jeruk. Kedua buah tersebut memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sementara kurma sendiri terdapat zat besi.

Dokter Zaidul menjelaskan, dalam sains dibuktikan bahwa ternyata FE atau besi yang ada dalam kurma ini terikat dengan sangat sempurna. Sehingga bisa meningkatkan fungsi FE dan bertemu dengan vitamin C yang dihasilkan dari semangka dan jeruk.

"Maka makanlah kurma dengan semangka atau jeruk. kan tinggi vitamin C-nya," ujarnya.

Selain itu supaya tulang Anda lebih kuat, dianjurkan setelah memakan kurma kemudian dilanjutkan minum perasan jeruk nipis dicampur dengan madu. Sehingga kebutuhan vitamin C, enzim dan lainnya yang Anda butuhkan bisa terpenuhi.

"Bagi ibu-ibu yang sedang hamil boleh makan kurma setiap hari? boleh. Tapi hanya 7 butir itu cukup," tambahnya.

Tak hanya itu saja, Anda juga membutuhkan protein agar kebutuhan gizi selama puasa juga terpenuhi dengan lengkap. Anda bisa mendapatkannya dari minyak zaitun, yang juga telah dibuktikan oleh sains dan Al-Qur'an.

"Salah satu minyak terbaik yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi jantung, kolesterol ada pada minyak zaitun" katanya.

Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi minyak zaitun satu sendok makan sebelum tidur. Lalu satu sendok makan ketika sahur, dibarengi dengan tiga butir kurma, semangka atau jeruk serta madu.

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut