get app
inews
Aa Read Next : Bermain Media Sosial bisa Membatalkan Puasa, Kok Bisa?

Jadi Syarat Mudik, Apakah Vaksinasi Covid-19 Membatalkan Puasa? 

Senin, 18 April 2022 | 10:55 WIB
header img
Jadi Syarat Mudik, Apakah Vaksinasi Covid-19 Membatalkan Puasa? (Foto: Freepic)

Pemerintah mensyaratkan masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi lengkap dan booster jika ingin melakukan mudik Lebaran. Hanya saja, mudik berbarengan saat umat Islam sibuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan,  hal ini kembali muncul pertanyaan apakah vaksinasi Covid-19 bisa membatalkan puasa?

Namun sejatinya puasa tak menghalangi seseorang untuk mendapatkan vaksin Covid-19 

Merangkum dari Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa no. 13/2021 tentang hukum vaksinasi Covid-19 saat berpuasa.

Asas keselamatan menjadi keutamaan dari fatwa yang diputuskan oleh MUI. Oleh sebab itu fatwa tersebut menjelaskan bahwa vaksinasi Covid-19 secara umum tidak membatalkan puasa seseorang.

Oleh karena itu, jika Anda ingin divaksin Covid-19 saat sedang berpuasa, jangan merasa takut. Sebab vaksin Covid-19 tidak membatalkan puasa Anda.

“Vaksinasi Covid-19 dengan injeksi intramuscular (suntikan pada otot) tidak membatalkan puasa dan hukumnya boleh dilakukan sepanjang tidak sebabkan bahaya (dlarar),” tulis unggahan tersebut.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut