get app
inews
Aa Read Next : Bermain Media Sosial bisa Membatalkan Puasa, Kok Bisa?

Bunda Jangan Emosi, Harga Komoditas Pangan Naik Jelang Puasa

Sabtu, 02 April 2022 | 05:37 WIB
header img
Harga Komoditas Pangan Naik Jelang Puasa (Foto: Okezone)

Kenaikan harga kebutuhan pokok selama puasa Ramadan selalu mengalami kenaikan, dari cabai, daging, telur ayam, gula hingga minyak goreng. 

Meningkatnya permintaan dan adanya keterbatasan dari sisi suplai menjadi penyebab harga komoditas pangan mengalami kenaikan jelang puasa berdasarkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) melaporkan, jelang puasa . 

"KPPU sudah melakukan pengawasan dengan beberapa komoditas pangan. Dari data yang ada, pada enam tahun terakhir memang mengalami kenaikan. Tapi untuk di Ramadan nanti naiknya tidak signifikan, hanya beberapa komoditas saja," jelas Direktur Ekonomi KPPU Mulyawan Renamanggala dalam forum jurnalis secara daring, Jumat (1/4/2022).

Dia menjabarkan, cabai mengalami kenaikan cukup signifikan, tercatat naik 27% menjelang Ramadan ini. Kemudian minyak goreng mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu mencapai 90%.

Lanjut sebut Mulyawan, daging sapi juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan secara year on year namun menjelang Ramadan kenaikan harga dari bulan sebelumnya hanya 0,3%. Berikutnya telur ayam tas pun mengalami kenaikan harga, sedangkan tepung terigu relatif stabil. 

Meskipun adanya kenaikan harga, Mulawan bilang, berdasarkan data KPPU yang peroleh di tahun 2022, komoditas pangan dalam keadaan cukup untuk kebutuhan sekitar satu hingga dua bulan.

"Kecuali untuk cabai memang produksi cabai mengalami penurunan sebesar 3,64% atau hanya tersedia 371,95 ton per hari sedangkan kebutuhan per harinya itu 386 ton. Sehingga harga cabai akan terus mengalami kenaikan selama bulan puasa ini," lanjutnya.

Berdasarkan data KPPU, ia memaparkan, stok pangan menjelang Ramadan adalah sebagai berikut: Beras tersedia 840,705 ribu ton cukup untuk 10,5 bulan, gula pasir tersedia 533,770 ribu ton cukup untuk 2,05 bulan, minyak goreng tersedia 628,58 ribu ton cukup untuk 1,49 bulan, tepung terigu tersedia 991,26 ribu ton cukup untuk 1,7 bulan. 

Kemudian, daging sapi/kerbau tersedia 74,79 ribu ton cukup untuk 2,3 bulan, daging ayam ras tersedia 353,399 ribu ton cukup untuk 1,3 bulan, telur ayam ras tersedia 434,763 ribu ton cukup untuk 1,1 bulan, bawang putih tersedia 48,5 ribu ton cukup untuk 1,1 bulan. 

"Sementara bawang merah stok tersisa 637,77 ton per hari untuk memenuhi kebutuhan 605,50 ton per hari," ungkap Mulyawan.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut