get app
inews
Aa Read Next : Untung Banyak! Penjual Mangga di Indramayu Raup Rp10 Juta Sehari

Waspada Titik Rawan Macet di Jawa Barat! 

Senin, 25 April 2022 | 09:59 WIB
header img
Ilustrasi Macet di Jawa Barat (Foto: Sindonews)

JAKARTA — Dari 85,5 juta orang yang akan mudik, 14,7 Juta orang yang diprediksi mudik melintasi Jawa Barat, pemudik perlu mewaspadai titik rawan macet seperti di Karawang, Subang, Indramayu dan Cirebon.

“Diprediksi, sekitar 14,7 juta orang atau 17% dari total pemudik pada tahun ini yang diperkirakan sebesar 85,5 juta orang. Oleh karenanya, kami sudah melakukan antisipasi dengan melakukan simulasi rekayasa lalu lintas jauh-jauh hari yang sudah disepakati dengan Korlantas, BPJT, dan unsur terkait lainnya,” kata Menhub, Senin (25/4/2022).

Menhub mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan di hari puncak mudik (28 sampai 30 April 2022).

“Dari hasil simulasi tadi sudah menunjukkan angka VC Ratio (atau perbandingan volume kendaraan dengan kapasitas jalan) sudah tinggi atau mendekati macet. Maka, imbauan untuk melakukan mudik hari ini, besok, dan lusa (25 sampai 27 April 2022), harapannya bisa dilakukan,” kata nya.

Lebih lanjut Menhub mengatakan sejumlah titik di Jawa Barat yang harus diwaspadai seperti di Karawang, Subang, Indramayu dan Cirebon. Selain itu, kawasan Puncak, Bogor juga menjadi titik yang krusial untuk ditangani.

“Saya minta kepada Kapolres Bogor dan Pemerintah Daerah menginformasikan seluas-luasnya mengenai penerapan rekayasa lalu lintas kepada masyarakat. Jika kita bisa berkoordinasi dan bersinergi dengan baik, Insya Allah kita bisa laksanakan ini dengan baik,” pungkas Menhub.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut