get app
inews
Aa Read Next : Habib Luthfi Pantau  Arus Mudik di Pantura Bersama Kapolres Pekalongan Kota dan Forkopimda

Amankan Mudik, Dinkes Kota Pekalongan Siagakan Nakes dan Fasyankes di Pos Mudik

Kamis, 28 April 2022 | 18:16 WIB
header img
Posko Mudik dilengkapi layanan kesehatan

PEKALONGAN, iNews – Selain mengamankan arus lalu lintas selama musim mudik lebaran tahun ini, hal yang tak kalah penting adalah pelayanan kesehatan bagi para pemudik. Bagaimanapun, kondisi kesehatan pemudik sangat perlu mendapatkan perhatian. Apalagi jarak tempuh perjalanan mereka cukup jauh dan melelahkan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kesehatan Kota Pekalongan menyiagakan sejumlah tenaga kesehatan (nakes) dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto menyampaikan, penempatan fasilitas layanan kesehatan terintegrasi dengan pos-pos mudik yang ada di Pospam THR, Pospam Exit Tol Setono, Pospam Matahari, dan Pospam Terminal Pekalongan.

Sementara, berkaitan dengan pencegahan lonjakan kasus Covid-19, pihanya juga melayani vaksinasi booster di pos mudik. “Kami juga diminta untuk melaksanakan layanan vaksinasi booster bagi para pemudik dan tes kesehatan untuk menunjukkan bahwa para calon pemudik ini dalam kondisi sehat atau tidak dan jika butuh vaksin booster sebagai syarat perjalanan mudik, kami siap melayani,” terang Budi.

Budi menambahkan, pelayanan vaksinasi kepada para calon pemudik dipusatkan di Pospam Interchance Tol Setono. Sedang untuk penanganan masalah kesehatan yang bersifat insidental, pihaknya juga menyiapkan beberapa puskesmas dan rumah sakit, dan armada PSC 119 beserta tenaga medis yang siap siaga 24 jam, termasuk rumah sakit rujukan Covid-19, salah satunya di RSUD Bendan.

“Sektor kesehatan ini menjadi salah satu layanan publik dasar ke masyarakat yang sangat urgent, sehingga tidak boleh libur memberikan pelayanan. Kami menghimbau, untuk seluruh fasyankes bisa membuka pelayanan meskipun dengan terbatas dan sistem shif (bergantian). Kami juga meminta kepada masyarakat khususnya pemudik yang belum vaksin bisa segera vaksin dan selalu mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” pungkasnya.

Editor : Ribut Achwandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut