get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Pekalongan: FKUB Sudah Berikan Sumbangsih Kerukunan di Kota Pekalongan

Manfaat silaturahmi saat Lebaran diantaranya Membuka pintu rezeki

Selasa, 03 Mei 2022 | 07:00 WIB
header img
manfaat Silaturahmi saat lebaran

 

Hari raya Idulfitri sebenar lagi tiba waktu yang ditunggu tunggu seluruh umat Islam didunia di waktu inilah umat Islam bisa saling bersilaturahmi.sebetulnya momen silaturahmi Lebaran ini punya banyak manfaat menurut ajaran Islam.

Bersilaturahmi saat Lebaran antara lain dengan kumpul keluarga di kampung halaman, mengunjungi para sesepuh, menyambangi saudara dan tetangga, atau berkumpul bersama teman dan sahabat tersayang.

Sebagaimana dijelaskan Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin saat dikutip dari okezone, setidaknya ada lima manfaat bersilaturahmi saat Lebaran.

1. Ibadah yang disukai Rasulullah

Silaturahmi adalah ibadah yang dicintai para Nabi, Rasul, malaikat Allah Subhanahu wa ta'ala dan para Sholihin. Khususnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال من كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليكرم ضيفه ومن كانيؤمن بالله واليوم الآخر فليصل رحمه ومن كان يؤمن بالله واليوم الآخر فليقل خيرا أو ليصمت

Artinya: "Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam ia bersabda, 'Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia menjaga hubungan baik silaturahim dengan kerabatnya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata yang baik atau diam'." (HR Bukhari dan Muslim)

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut