get app
inews
Aa Read Next : Duh! Jalan Tajur Bogor Alami Macet Total Malam Ini

Hukum Mengucapkan Taqabbalallahu Minna wa Minkum saat Idul Fitri

Selasa, 03 Mei 2022 | 06:20 WIB
header img
Hukum Mengucapkan Taqabbalallahu Minna wa Minkum saat Idul Fitri (Foto: Freepic)

Berbagai macam kebiasaan masyarakat saat lebaran atau hari raya Idul Fitri tiba. Salah satunya adalah pengucapan “Taqabalallahu Minna Wa Minkum” yang biasa diucapkan langsung atau hanya sekedar mengirim pesan dari sosial media.

Mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum yang telah dilakukan para sahabat Nabi SAW ketika bertemu pada hari raya merupakan tradisi yang baik. Hukum asal tradisi adalah boleh selama tidak ada dalil khusus yang melarangnya.

Wakil Katib PWNU Jawa Barat, Dr KH Kurnali Sobandi dikutip dari laman dakwah NU mengatakan Tahni’ah adalah ucapan selamat dilakukan dengan suka cita di antara sesama orang Islam dengan cara mudah mengucapkannya dan tidak ada beban dosa dan kesalahan di antara kaum muslim.

Ucapan selamatT Tahni’ah  disunnahkan di kalangan umum orang-orang biasa maupu khusus orang-orang tertentu dan terkenal kalangan pejabat, orang kaya maupun selebriti. Ucapan selamat Tahni’ah  hari raya Idul Fitri tidak dengan redaksi yang khusus.

Sebagaimana disunnahkan mengucapkan  tahni’ah maka disunahkan pula menjawabnya dengan ucapan seperti: Semoga Allah menerima ibadah kita dan kalian. Semoga Allah menghidupkan kalian sama seperti hari ini setiap tahun semoga kalian dalam keadaan baik

تقبل الله منا ومنكم أحياكم الله لأمثاله كل عام وأنتم بخير

Wallahu A'lam

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut