get app
inews
Aa Read Next : Dilaporkan Banyak Negara, Akankah Hepatitis Misterius Digolongkan sebagai Pandemi?

Waspada! Simak Beberapa Gejala Awal dan Lanjutan Hepatitis Akut

Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:33 WIB
header img
Ilustrasi (Foto:Shutterstock)

Hepatitis akut pada anak di Indonesia, jumlahnya semakin bertambah. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan jumlah Hepatitis akut anak di Indonesia masih 18 kasus.

Disebutkan ada 9 kasus yang masih pending klarifikasi. Sebanyak 7 kasus ditemukan bergejala Hepatitis berat dan 2 kasus dalam pemeriksaan laboratorium.

Hepatitis akut misterius membuat masyarakat di berbagai belahan dunia seperti Indonesia, Eropa dan Amerika menjadi khawatir. Mereka takut anak-anaknya terkena hepatitis akut misterius.

Kita wajib mengetahui apa saja gejala-gejala dari hepatitis akut yang saat ini terlihat didominasi dialami anak-anak di bawah 16 tahun dan lebih spesifik lagi lebih banyak menyerang anak-anak berumur di bawah 10 berikut di kutip dari laman Okezone 13/05/2022

Melihat dari laporan kasus yang sudah ada, Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp.A (K), Dokter Anak konsultan Gastrohepatologi menjelaskan, ada beberapa tanda gejala hepatitis akut misterius yang patut diwaspadai, ia menyebutkan biasanya gejala dimulai dengan gejala gastrointestinal.

“Kita melihat dari laporan laporan kasus yang sudah ada, bahwa laporannya itu mulainya dengan gejala gastrointestinal terlebih dahulu. Seperti misalnya diare, mual, muntah, sakit perut yang kadang-kadang disertai dengan demam ringan,” jelas dr. Hanifah.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut