get app
inews
Aa Read Next : Dituduh Manipulasi Saham, Kekayaan Gautam Adani Turun Rp526,82 Triliun

Sumber Kekayaan Pengusaha Tambang Kiki Barki, Orang Kaya RI Berharta Rp23 Triliun

Kamis, 02 Juni 2022 | 08:23 WIB
header img
Sumber Kekayaan Pengusaha Tambang Kiki Barki, Orang Kaya RI Berharta Rp23 Triliun (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id – Berdasarkan data Forbes, kekayaan Kiki Barki tercatat sebesar 1,6 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp23 triliun.  

Dengan kekayaannya tersebut, Kiki Barki berada di peringkat 27 orang terkaya Indonesia versi Forbes 2021. Kekayaan pengusaha 82 tahun ini berasal dari perusahaan tambang yang dimilikinya, PT Harum Energy Tbk (HRUM).

PT Harum Energy Tbk didirikan pada 1995, dengan bisnis yang bergerak di bidang pertambangan batu bara dan mineral, serta kegiatan logistik dan pengolahan di Kalimantan Timur dan Maluku Utara.

Perusahaan ini listing di Bursa pada 2010. Selain menjadi pemilik PT Harum Energy Tbk, Kiki Barki juga memiliki tambang batu bara Tanito Harum. Kiki Barki memiliki saham di Nickel Mines yang terdaftar di Australia yang memiliki satu tambang nikel dan dua pabrik nikel di Indonesia.

Harum mengakuisisi 3,2 persen saham dari Nickel Mines pada pertengahan 2022 lalu. Kepemilikan sahamnya di perusahaan tersebut membuat pundi-pundi keuangannya bertambah.

Putra sulungnya, Lawrence Barki saat ini menjalankan Harum sebagai presiden komisaris. Sementara putra bungsunya, Steven Scott Barki menjadi komisaris Harum.
 

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut