Mengenang Penyanyi Legendaris Bob Tutupoly, Perjuangan dan Dedikasinya untuk Musik Indonesia

Hadi Widodo
Bob Tutupoly tutup usia (Foto: MNC)

JAKARTA - Penyanyi legendaris Bob Tutupoly meninggal dunia. Semasa hidupnya, musisi asal Maluku tersebut banyak menghasilkan karya, mulai dari musik hingga pengabdian diri bagi bangsa dan negara.

Ya, Bob Tutupoly juga sosok inspiratif yang ikut memajukan tanah kelahirannya, Maluku. Melalui catatan riwayat hidupnya, dia diketahui pernah menjadi duta budaya yang bertugas membawa kesenian Indonesia di pentas Asia bahkan Internasional.

Tak hanya itu, saking cintanya dia dengan kota kelahirannya tersebut, dirinya pernah membawa rombongan kesenian Maluku bernama Siwa Lima pentas di beberapa panggung di Belanda pada 1985 dan 1988.

Selanjutnya, ia juga tercatat pernah menjadi Ketua Umum Keluarga Besar Organisasi Sosial Keagamaan Anak-Anak Negeri. 

Bahkan sosok pria asal Ouw Maluku tersebut pernah mendapat penghargaan di Ambon Jazz Plus atas dedikasinya memajukan musik Tanah Air. Penghargaan ini ia terima bersama dengan seniman Maluku lainnya seperti Bubi Chen, Enteng Tanamal, John Reny Rehatta, Christ Manusama, dan Zeth Lekatompessy.

Begitu cintanya Bob Tutupoly akan Indonesia dan Maluku khususnya, dia buktikan saat kepulangannya dari Amerika Serikat. Hidup sudah enak di Negeri Paman Sam tidak cukup menggiurkan sang legenda.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network