Jangan Sepelekan! ini Lima Penyebab Tenaga Mobil jadi Loyo

Nanang Sulaeman
Jangan Sepelekan! ini Lima Penyebab Tenaga Mobil jadi Loyo (Foto: Freepic)

PERNAHKAH anda mengalami tarikan mobil lemah atau bahkan mati mesin. Tentu hal ini sangat menjengkelkan. Apalagi ketika sedang berkendara dalam jarak  yang jauh.

Jika suatu saat kendaran menjadi lambat mungkin anda harus mengetahui penyebab tenaga mobil anda menjadi loyo.

 Berikut ini lima penyebab tenaga mobil jadi loyo dikutip dari Okezone (7/7/2022)

1. Kualitas Bahan Bakar

Mesin mobil kurang bertenaga bisa diakibatkan karena perbedaan kualitas bahan bakar yang digunakan. Angka oktan yang terdapat pada bahan bakar berbeda-beda.

Semakin tinggi akan oktan maka bahan bakar tersebut juga semakin bagus. Untuk itu supaya mesin mobil tetap bertenaga gunakan bahan bakar terbaik seperti  Pertamax.

2. Rendahnya Tekanan Kompresi Ruang Bahan Bakar

Rendahnya tekanan kompresi mengakibatkan mesin diesel kurang bertenaga sehingga tarikan mobil menjadi lambat. Hal ini dikarenakan mesin diesel membutuhkan kompresi yang tinggi. Jumlah minimum adalah 30 kgm. Tekanannya akan sangat berbeda dengan mesin bensin yang hanya membutuhkan tekanan 10/11 kgm.

3. Terjadi Masalah Pada Mesin

Mesin kendaran yang sering mengalami overheat dapat menyebabkan turunnya performa kendaraan. Seperti yang kita ketahui bahwa mesin merupakan komponen utama untuk menggerakan kendaraan. Jadi sangat wajar apabila mesin mengalami masalah dan menyebabkan mesin kurang bertenaga.

Jika mesin mobil mengalami masalah seperti overheat lebih baik dinginkan terlebih dahulu. Setelah itu, isi atau ganti oli pada mobil.

4. Komponen Pengapian Mengalami Masalah

Biasanya terjadi permasalahan pada busi sehingga menyebabkan performa kendaraan menurun. Masalah pada busi ini juga menyebabkan pengapian mesin menjadi tidak maksimal.

Untuk mengatasi permasalahan ini, cobalah untuk memperhatikan busi kendaran satu persatu. Kemudian bersihkan busi yang kotor atau mengganti busi yang sudah usang.

5. Filter kotor 

Filter yang berfungsi sebagai penyaring dalam waktu lama akan kotor. Komponen ini juga yang menjadi sebab kendaran loyo dan tidak bertenaga bila tidak diganti atau dibersihkan.

Filter solar yang kotor akan menyumbat aliran dan mobil menjadi tidak bertenaga. Untuk itu lakukan penggantian filter solar secara rutin.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network