Untuk Pernyertaan Modal, GoTo Gelontorkan Rp 4,4 Triliun

Ariq Hibatulloh
Infografis : iNews

JAKARTA, iNews.id - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menggelontorkan dana hasil penawaran umum perdana (IPO) sebesar Rp4,49 triliun atau setara 33 persen dari total dana hasil IPO.

Dengan demikian, sisa dana hasil IPO mencapai Rp9,07 triliun. Dikutip dari keterbukaan informasi BEI, dana tersebut digunakan untuk penyertaan pada PT Tokopedia sebesar Rp2 triliun, penyertaan pada PT Dompet Anak Bangsa atau Gopay Rp762,63 miliar, serta modal kerja entitas induk Rp1,73 triliun.

"Dalam rangka memenuhi kewajiban kami sebagaimana diatur di dalam Peraturan OJK No. 30/POJK.04/2015 tentang Laporan Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum, bersama ini, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk menyampaikan laporan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum per 30 Juni 2022," tulis Corporate Secretary GOTO, R.A Koesoemohadiani.

Adapun total dana yang IPO bersih yang diterima GOTO sebesar Rp13,57 triliun, dengan hasil pemotongan biaya IPO sebesar Rp153,43 miliar. Adapun berdasarkan rencana penggunaannya, dana IPO bakal dimanfaatkan sebesar Rp4,07 triliun untuk modal kerja emiten, penyertaan pada PT Tokopedia dengan jumlah yang sama Rp4,07 triliun.

Selanjutnya, penyertaan kepada dua entitas bisnis finansial yakni ke PT Dompet Anak Bangsa sebesar Rp3,39 triliun dan penyertaan pada PT Multifinance Anak Bangsa Rp678,72 miliar.
Terakhir, dana IPO juga dimanfaatkan untuk penyertaan pada entitas anak usaha di luar negeri, yakni Velox Digital Singapore Pte. Ltd sebesar Rp678,72 miliar dan Go Viet Technology Trading Joint Stock Company sebesar Rp678,72 miliar.

 

Editor : Muhammad Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network