Ria Ricis Alami Air Ketuban Berkurang Sebelum Melahirkan, Begini Penyebabnya!

Hadi Widodo
Ria Ricis Alami Air Ketuban Berkurang Sebelum Melahirkan, Begini Penyebabnya! (Foto: Okezone)

KELAHIRAN anak pertamanya, pada Selasa 26 Juli 2022 pasangan Ria Ricis dan Teuku Ryan tengah diliputi rasa bahagia.

Ricis diketahui melahirkan melalui operasi caesar, meskipun vlogger terkenal tersebut diketahui ingin melahirkan secara normal. Namun, di usia kehamilan masuk pekan ke-38, air ketuban Ria Ricis ternyata sudah mulai berkurang.

Secara medis, kondisi yang dialami Ricis ini disebut Oligohydramnios, kondisi ketika wanita yang sedang mengandung namun air atau cairan ketubannya sedikit (rendah) selama kehamilan. Air ketuban yang berkurang dan menjadi sedikit ini bisa menyebabkan komplikasi kehamilan.

Pasalnya, air ketuban ini lah cairan yang mengelilingi bayi di dalam dan berfungsi untuk melindungi bayi dari infeksi dan kompresi tali pusar. Tidak hanya itu, air ketuban juga melindungi gerakan bayi saat di dalam rahim.

Kondisi air ketuban berkurang saat hamil, seperti yang dialami Ricis ini diketahui bisa dipicu berbagai faktor.

Mengutip Cleveland Clinic, Rabu (27/7/2022), beberapa faktor pemicunya bisa karena terjadinya anomali kongenital yang bisa memengaruhi ginjal atau saluran kemih bayi, masalah pada plasenta sang ibu, jadwal kelahiran lewat dari dua pekan dari due date, hipertensi atau preeklamsia.

(Foto: Instagram @bukaan.moment)

Tidak hanya itu, air ketuban yang berkurang saat hamil bisa juga karena ada penyakit diabetes, sang ibu mengalami dehidrasi, ketuban pecah sebelum persalinan, hingga faktor seperti sindrom transfusi kembar ke kembar.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network