Tanpa di Sadari,  Kebiasaan ini  dapat menyebabkan kulit Anda berminyak

Nanang Sulaeman
Tanpa di Sadari,  Kebiasaan ini  dapat menyebabkan kulit Anda berminyak (Foto: Freepic)

Tanpa di sadari, Kebiasaan ini  dapat menyebabkan kulit Anda berminyak, walaupun minyak alami( Sebum) berfungsi untuk menjaga kelembapan pada kulit. Namun, apabila berlebihan dan tidak ditangani, maka dapat meningkatkan potensi masalah kulit, seperti kulit kusam, penyumbatan pori-pori, komedo, hingga jerawat. Agar terhindar dari masalah-masalah kulit itu


Tak heran jika banyak orang justru berusaha menyingkirkan minyak alami( Sebum), seperti sering mencuci wajah hingga melakukan scrub dengan tujuan mengikis minyak berlebih tersebut. Namun, tahukah Anda melakukan hal-hal tersebut dapat memperburuk kulit yang berminyak?

Nah, jangan sampai salah langkah! Ketahui dulu lima kebiasaan yang dapat menyebabkan kulit Anda berminyak tanpa disadari, sebagaimana dilansir dari Healthshots, Minggu (28/8/2022).

1. Terlalu sering mencuci wajah
 Kebiasaan ini membantu sementara, tetapi menyebabkan kerusakan parah dalam jangka panjang. Mencuci kulit secara berlebihan menyebabkan semua minyak terkelupas dan membuat kulit berpikir perlu menghasilkan lebih banyak minyak. Hal ini menyebabkan produksi minyak berlebih dan membuat kulit justru jadi terlihat lebih berminyak.

2. Malas pakai pelembab

Anda mungkin berpikir tidak perlu memakai pelembab karena kulit Anda sudah berminyak. Padahal itu salah besar. Pelembab dapat menambahkan kelembapan yang cukup pada kulit Anda, dan itu membuat kulit Anda tidak kering. Menggunakan pelembab yang baik, justru bisa membantu menurunkan kulit berminyak dengan menurunkan produksi sebum.

3. Menggosok wajah terlalu keras

Para ahli menyarankan untuk tidak menggosok wajah terlalu keras. Mengapa? Karena bisa menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak. Alih-alih menggunakan scrub yang agresif, pilihlah produk perawatan dengan kandungan asam salisilat yang lipofilik agar dapat menyerap minyak, dan tidak membahayakan kulit wajah.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network