Janji Pangeran William Kepada Putri Diana

Nanang Sulaeman
Janji Pangeran William Kepada  Putri Diana (Foto: Ist)

 

 

INGGRIS –.Meninggalnya Ratu Elizabeth II dalam usianya yang ke-96 tahun, di Kastil Balmoral, Skotlandia, Kamis 8 September 2022. Membuat Masyarakat Inggris Raya  sangat berduka, banyak juga yang pada akhirnya kembali memikirkan kematian tragis Putri Diana termasuk Janji Pangeran William Kepada  Putri Diana  saat usia 14 tahun

 

"Saya ingin menjadi Ratu di hati orang, benar - benar ada di hati orang, tetapi saya tidak bisa melihat diri saya menjadi Ratu di negara ini," kata Putri Diana kepada wartawan Martin Bashir dalam wawancaranya pada tahun 1995. (Dikutip dari rctiplus.com 910/9/2022)

 

Meski pada saat itu dia telah resmi berpisah dengan suaminya selama hampir tiga tahun, seperti layaknya sebuah ledakan bom yang suaranya terdengar hingga penjuru dunia. Perkataannya terbukti benar.

 

Sang Putri melepaskan haknya untuk menjadi Ratu Inggris berikutnya, dia bahkan menyerahkan gelar HRH "Her Royal Highness" (Yang Mulia). Setelah perceraian, disepakati bahwa gelar barunya adalah Diana, Putri Wales.

 

Meskipun Sang Ratu pada saat itu rela membiarkan Diana mempertahankan gelar HRHnya, menurut laporan, Pangeran Charles bersikeras dia menyerahkannya. Kehilangan gelar HRH secara resmi mengharuskan Diana memberikan hormat kepada orang lain dengan HRH (His/Her Royal Highness) termasuk kepada mantan suaminya dan bahkan anak - anaknya sendiri, Pangeran William dan Pangeran Harry.

 

Namun apakah aturan ini sebenarnya berlaku atau tidak, tidak ada yang mengetahuinya. Pada saat perceraian, Istana mengatakan bahwa Putri Diana akan terus "dianggap sebagai anggota keluarga kerajaan."

Tetapi apakah dengan kepergian Ratu Elizabeth akan memberikan pengaruh gelar milik Diana, seandainya sang putri tidak meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1997 ?

 

"Diana akan tetap mempertahankan gelar Putri Walesnya, karena itu adalah bagian dari perjanjian perceraian," kata pakar konstitusi Dr. Robert Morris. Namun jika sang Putri menikah lagi, dia akan kehilangan gelarnya dan akan kembali dengan Lady Diana.

 

Menurut kepala pelayan Diana pada saat itu, Paul Burrell, ketika Diana kehilangan gelar HRH-nya, Pangeran William yang saat itu masih berusia 14 tahun memberi tahu ibunya : "Jangan khawatir Ibu, aku akan mengembalikannya kepadamu pada hari ketika aku menjadi Raja nantinya."

 

Banyak yang percaya Diana sangat memenuhi syarat untuk mendapatkan gelar "Ibu Ratu" seandainya dia masih hidup sampai sekarang. Namun semuanya dipersulit karena adanya perceraian yang terjadi didalam keluarga kerajaan. Tetapi, sebagai Raja, William akan memiliki kekuatan untuk melanggar aturan tersebut, jadi besar sekali kemungkinannya dia akan mengembalikan kehormatan ibunya dengan cara apapun.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network