Tau Ga Sih? Mobil Pertama yang Menggunakan Ban dari Karet

Nanang Sulaeman
Tau Ga Sih? Mobil Pertama yang Menggunakan Ban dari Karet

Jakarta, InewsPantura.id- Ban ditemukan manusia sekitar 3.500 sebelum masehi selanjutnya pada tahun 1888 ban karet yang dapat diisi angin ditemukan. Mercedes-Benz. Adalah Mobil Pertama yang Menggunakan Ban dari Karet Carl Benz, yang merancang ban karet ini memadukannya dengan pelek logam.

 

Teknologi ban pertama kaliu terbuat dari potongan kayu yang kemudian dibentuk menjadi bulat. Seiring berjalannya waktu, ban kemudian dilapisi dengan kulit agar membuat perjalanan lebih halus.

 

Baru setelahnya ban menggunakan bahan karet, itu pun masih karet utuh yang padat. Tidak ada udara yang dimasukan ke dalamnya

 

 

Melansir dariOkezone 20/09/2022   mobil pertama yang menggunakan ban karet ini adalah Mercedes-Benz. Dari sinilah awal kemunculan ban pneumatik.

Penemuan ban ini difasilitasi oleh proses vulkanisasi yang memungkinkan produksi karet dengan daya tahan yang cukup untuk bertahan di jalan raya. Carl Benz, yang merancang ban karet ini memadukannya dengan pelek logam.

 

Adapun mobil pertama yang menggunakan ban karet adalah Benz-1. Itu pun bentuk bannya tidaklah seperti ban mobil seperti saat ini. Bisa dibilang lebih mirip ke ban becak, mengingat Benz-1 memang bentuknya masih jauh dari bentuk mobil modern.

 

Ban karet berisi angin ini lantas menjadi mainstream setalah balapan mobil Paris-Bordeaux-Paris. Baru kemudian ban tapak diperkenalkan pada 1905 yang mana ban tapak mampu meningkatkan koefisien gesekan ban.

 

Melihat perkembangan ban karet yang begitu melesat, pada 1931-an, perusahaan DuPont membuat industri karet sintetis yang memungkinkan peningkatan produksi ban, yang dulunya bergantung pada karet alam.

 

Karet sintetis mengantarkan titik balik dalam produksi ban. Baru setelahnya ban balon, ban bertekanan rendah yang memiliki area kontak lebih besar dengan permukaan jalan diperkenalkan. Ini berlangsung sekitar tahun 1923.

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network