Jayapura Diguncang 786 Kali Gempa Susulan

Hadi Widodo
Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsPantura.id - Gempa susulan yang terjadi sebanyak 786 kali sejak gempa utama berkekuatan magnitudo (M) 5,4 pada 2 Januari 2023 lalu telah mengguncang Jayapura, Papua.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan hingga Jumat (20/1/2023) pukul 06.00 WIT sebanyak 65 gempa susulan tersebut dirasakan oleh masyarakat.

“Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak gempa bumi M4,9 (update M5.4) Kota Jayapura 2 Januari 2023 hingga Jumat 20 Januari 2023 06:00 WIT telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 786 kali dengan 65 kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat,” ungkap BMKG dalam keterangan resminya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan banyaknya gempa susulan di Jayapura ini merupakan gambaran batuan di zona gempa sangat rapuh. Berbeda dengan kejadian gempa Banda yang berkekuatan M7,5 dengan gempa susulan hanya 12 kali.

“Gempa susulan Jayapura merupakan gambaran batuan di zona gempa sangat rapuh/brittle. Implikasinya banyak gempa susulan. Gempa Banda M7,5 susulan hanya 12 kali ini karena batuan elastic atau ductile. Sementara Gempa Jayapura bukan swarm karena ada gempa utamanya dengan M5,4,” ungkap Daryono.

Daryono pun terus mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak perlu mengungsi karena tidak ada peringatan dini tsunami akibat gempa ini dari BMKG. “Masyarakat tidak perlu mengungsi karena tidak ada peringatan dini tsunami,” imbaunya.

Berdasarkan hasil analisis dan kajian cepat BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 2.53 LS dan 140.74 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 14 kilometer arah Timur Laut Kota Jayapura, Papua. Sementara, kedalaman gempa berada cukup dangkal yakni, 10 km.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network