Malam Ini Gunung Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas

Muhamad Burhan
Malam ini Gunung Merapi kembali meluncurkan awan panas. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat Pada pukul 20.40 WIB kembali terjadi awan panas guguran dengan jarak luncuran mencapai 2.000 meter. Foto:istimewa

YOGYAKARTA, iNewsPantura.id – Malam ini Gunung Merapi kembali meluuncurkan awan panas. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat Pada pukul 20.40 WIB kembali terjadi awan panas guguran dengan jarak luncuran mencapai 2.000 meter.

Aktivitas Gunung Merapi yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah terpantau masih cukup tinggi. “Terjadi awan panas guguran terjadi pada pukul 20.40 WIB dengan jarak luncur mencapai 2.000 meter ke arah barat daya (Kali Bebeng),” kata Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso, Minggu (12/3/2023).

Sebelumnya pada pukul 19.41 WIB, Gunung Merapi juga mengeluarkan awan panas guguran dengan jarak luncur mencapai 1.500 meter ke arah barat daya. Selama pemantauan pukul 12.00-18.00 WIB, BPPTKG mengamati terjadi tiga kali awan panas guguran. Jarak luncur maksimal mencapai 1.600 meter. Baca Juga BPPTKG Catat 2 Kali Awan Panas Guguran Sejauh 2 Kilometer Pagi Ini Sedangkan pada pengamatan pukul 06.00-12.00 WIB, terjadi enam kali awan panas guguran dengan jarak luncur 1.500-2.500 meter mengarah ke barat daya.

Meski aktivitas awan panas guguran cukup tinggi, status Gunung Merapi tetapi berada di level III atau siaga. Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 kilometer, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 kilometer.

Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 kilometer dan Sungai Gendol 5 kilometer. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak. Masyarakat diminta tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya.
 

 

Editor : Muhammad Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network