Gerakan Pangan Murah dan Operasi Pasar Untuk Tekan Inflasi Bahan Pangan

Trias Purwadi
Dinperpa Kota Pekalongan menggelar pasar murah di kecamatan Pekalongan Utara, kamis (5/10) untuk menekan inflasi

Pekalongan,iNewsPantura.id - Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan menekan inflasi dengan menggelar Gerakan Pangan Murah dan Operasi Pasar. Kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman Kecamatan Pekalongan Utara, Kamis (5/10/2023).

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Muadi didampingi Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Ani Kusumoningrum mengatakan, kegiatan ini terselenggara dalam rangka menstabilisasikan harga bahan pangan sesuai arahan Pemerintah Pusat. Kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan PT BULOG, BI Tegal, Badan Pangan Nasional, TPID Kota Pekalongan, serta menggandeng mitra binaan produk dari Dindagkop-UKM, Dinperpa, dan DKP seperti sayur-mayur, telur ayam dan telur bebek,  bumbu dapur, aneka olahan makanan dan minuman, ikan segar, dan sebagainya.

"Acara seperti ini akan diselenggarakan 8 kali pada tahun ini, dimulai pada tanggal 5 Oktober ini yang berlokasikan di Kecamatan Pekalongan Utara, kemudian di tanggal  13  Oktober di Kecamatan Pekalongan Selatan,   23 Oktober di Kecamatan Pekalongan Timur. Untuk Bulan November juga terselenggara 3 kali dan Desember ada 2 kali kegiatan serupa yang tersusun secara terjadwal dan tersebar di beberapa titik lokasi," terangnya.

Kegiatan yang dibuka oleh plt. Asisten 3 Sekda Kota Pekalongan, drg Agust Marhaendayana ini diisi oleh operasi pasar dari Bulog dengan menjual 500  paket sembako untuk masyarakat. Dimana, per paket masyarakat setempat hanya membayar Rp. 80.000. Paket tersebut berisi 5 kg beras medium, 1 kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng.

"Selain untuk membantu meringankan beban masyarakat, semoga adanya bazar pangan murah ini dapat menekan inflasi dan tetap menjaga ketahanan daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pangan,” harapnya.

Editor : Trias Purwadi

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network