Bentengi Pantai, LPBI Tanami 4000 Mangrove

Nanang Sulaeman
LPBI NU KAbupaten Pekalongan tanam mangrove di Desa Mulyorejo, Tirto, Kabupaten Pekalongan

KABUPATEN PEKALONGAN, iNews - Untuk membantu membentengi daerah sekitar pantai yang sering terkena rob, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU akan menanami sedikitnya 4000 tanaman mangrove.

Demikian disampaikan Ketua LPBI NU Kabupaten Pekalongan M Eko Prasetyo di sela sela aksi penaanaman mangrove di Desa Mulyorejo, Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, hari ini, Minggu (20/2).

Kegiatan penanaman mangrove di sepanjang pantai utara dari Brebes sampai Semarang kata Eko, adalah instruksi dari PW LPBI NU Jateng dalam rangka memeringati Harlah ke-99 Nahdlatul Ulama (NU) yang mengambil tema "Merawat Jagad Membangun Peradaban" .

Di Kabupaten Pekalongan, LPBI NU bekerjasama dengan Kelompok Tani Desa Mulyorejo. Tahap awal hari ini, PCNU Kabupaten Pekalongan menanam sekitar 1000 tanaman dan akan terus dilanjutkan secara bertahap.

Penanaman mangrove kata dia, untuk membentengi garis pantai Mulyorejo dari abrasi. Selain itu juga untuk sabuk hijau bagi paru paru oksigen.

Agro Wisata
Selain itu lokasi itu juga akan dikembangkan jadi agro wisata mangrove. "Berawal dari gagasan pemuda Mulyorejo terdampak rob yang permanan sepanjang tahun. Mereka berpikir bagaimana agar daerah mereka tidak hanay didatangi karean kasihan membawa bantuan," tuturnya.

Warga kemudian berpikir agar bisa membuat sesuatu yang lebih produktif dengan menjadikan lokasi genangan rob menjadi  agro wisata mangrove. Sehingga bisa mendatangakn income untuk masyarakat

Aksi penanaman mangrove digalakkan oleh PCNU Kabupaten Pekalongan sebagai rangkaian dari kegiatan Harlah ke-99 NU yang ditandai dengan penanaman mangrove oleh Ketua Tandfidziyah PCNU Kabupaten Pekalongan KH Muslikh Khudhori, hari ini.

 

Editor : Muhammad Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network