Tips 4 Bahan Rumahan yang dapat mengatasi cacing kremi

Nanang Sulaeman
4 Bahan Rumahan yang dapat mengatasi cacing kremi (foto:freepic)

infeksi parasit cacing kremi, menjadi salah satu infeksi paling umum yang menyerang usus besar manusia. Biasanya, cacing ini menyerang anak balita dan anak usia 5-10 tahun.

 

Bahkan, telur cacing ini dapat menyebar ketika saling menyentuh tanpa mencuci tangan. Saat orang yang terinfeksi menggaruk area anus, telur cacing bisa mengenai jari dan mencemari tempat di sekitarnya.

 

Telur cacing kremi yang telah masuk ke dalam tubuh manusia akan menetap dan menetas di saluran pencernaan. Orang yang terinfeksi biasanya timbul gejala berupa gatal-gatal pada area anus atau kelamin, insomnia, mudah tersinggung, gelisah, sesekali sakit perut, dan mual.

 

Tapi, ada beberapa pengobatan rumahan, seperti dilansir dari The Health Site, yang dapat mengatasi cacing kremi yakni:

 

  1. Minyak Kelapa

 

Minyak kelapa mengandung khasiat menenangkan, yang dapat membantu mengatasi beberapa masalah, salah satunya infeksi cacing kremi. Oleskan minyak di sekitar area anus untuk mencegah cacing kremi betina bertelur. Tetapi, pastikan Anda tidak alergi terhadap minyak kelapa.

 

  1. Biji labu

 

Biji labu mengandung cucurbitacin, yang terbukti efektif melawan parasit pada usus. Anda bisa makan biji labu atau mencampurkannya dengan air dan mengoleskannya di area yang terkena.

 

  1. Bawang putih

 

Bawang putih mengandung sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang dapat membantu mengatasi infeksi. Anda bisa makan bawang putih mentah atau mencampurkan bawang putih cincang dengan petroleum jelly. Oleskan langsung ke area yang terkena. Namun, jangan lakukan ini jika ada kulit yang terluka atau teriritasi.

 

  1. Wortel

 

Wortel kaya akan serat, yang membantu melancarkan sistem pencernaan dan mendorong buang air besar secara teratur. Penelitian telah menunjukkan bahwa wortel membantu mendorong cacing kremi keluar dari usus.

Editor : Nanang Sulaeman

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network