Simak! 7 Manfaat Minum Jahe Lemon Hangat, Sehat dan Kaya Manfaat  

Hadi Widodo
7 Manfaat Minum Jahe Lemon (Foto: Pinterest)

Selain vitamin C dan antioksidan, lemon dan jahe juga mengandung serat, vitamin B-6, magnesium, dan potasium. Berbagai kandungan tersebut sangatlah bermanfaat bagi tubuh manusia. 

Minuman jahe lemon ini juga sangat pas sebagai seduhan di musim hujan seperti sekarang, untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita agar tetap fit dan sehat.

Nah, Jika kamu tertarik mengonsumsinya, simak beragam manfaat kesehatan yang dapat kamu peroleh dari minuman Jahe Lemon ini, dirangkum dari berbagai sumber;

1. Meningkatkan Imun Tubuh
Lemon adalah sumber vitamin C dan antioksidan. Keduanya bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Jahe juga memiliki sifat meningkatkan kekebalan dan dapat melindungi dari beberapa bakteri.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular dan Hati
Lemon dan jahe mengandung komponen yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit hati. Hal ini berasal dari kandungan antioksidan yang mencegah kerusakan-kerusakan sel di dalam tubuh.

3. Pereda Nyeri Alami
Wedang jahe lemon dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan, seperti radang sendi atau sakit kepala. Minuman ini cocok kamu konsumsi saat otot nyeri setelah berolahraga atau nyeri perut akibat menstruasi. 

4. Mengurangi Mual
Sejak terdahulu, jahe sering digunakan untuk mengobati mual, muntah dan gangguan pencernaan lainnya. Maka dari itu, wedang jahe lemon sangat direkomendasikan untuk ibu hamil yang mengalami mual atau seseorang yang telah menjalani kemoterapi. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi wedang jahe secara berlebihan. Di khawatirkan hal tersebut dapat memicu masalah pencernaan. 

5. Menurunkan Berat Badan
Wedang jahe lemon mengandung nol kalori. Jadi, minuman ini sangat direkomendasikan untuk seseorang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Lemon juga telah terbukti mengurangi resistensi insulin, sehingga membantu mengurangi jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh. Jahe terbukti mengurangi rasa lapar yang dapat membantu orang menurunkan berat badan.

6. Mengurangi hidung tersumbat  
Uap yang dihasilkan dari air seduhan lemon dan jahe panas bisa membantu membuka rongga hidung dan membantu membersihkan hidung tersumbat.  Minuman ini juga menenangkan tenggorokan yang sakit akibat penumpukan lendir. Meskipun belum ada penelitian komprehensif mengapa ini terjadi, banyak orang yang telah melaporkan kondisi ini.  Racikan lemon dan jahe memang bisa membantu hidung mampet sehingga Anda bisa bernapas lebih lega.  

7. Membantu melawan peradangan  
Gingerol, salah satu senyawa tanaman yang ditemukan dalam jahe, memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Peradangan kronis terkait dengan kondisi, seperti sindrom metabolik, kanker, penyakit Alzheimer, dan penyakit jantung.  Namun, penelitian menunjukkan hasil yang beragam tentang apakah jahe memiliki efek anti-inflamasi pada manusia. 

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network