Jelang Puasa Harga Daging Sapi Melejit, Pedagang Menjerit Sepi Pembeli

Hadi Widodo
Pedagang Daging Bakal mogok Jualan Pekan depan (Foto: Instagram)

JAKARTA - Ditinggal oleh para pelanggan dan pembeli potensialnya, para pedagang di pasar tradisional menjerit akibat naiknya harga daging sapi menjelang puasa Ramadhan. 

Penjual daging bernama Madin mengaku para pembeli mulai sepi justru saat mendekati bulan puasa, terlebih didorong oleh harga yang tinggi dikutip dari okezone, Sabtu (26/3/2022).

"Pembeli sudah jauh berkurang, jauh sekali. Kalau dulu berkurangnya masih setengah, kalau sekarang tinggal seperempat saja (pembelinya)," kata pria berusia 68 tahun itu di Pasar Jaya Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3/2022).

Madin menjual harga daging sapi berkisar antara Rp130 ribu per kilogram (kg) hingga Rp140 ribu per kilogram. Pedagang senior yang telah berjualan sejak 1980 itu memprediksi harga bisa melonjak ke Rp150-160 ribu per kilogram memasuki awal puasa.

"Pasti naik kalo puasa, biasanya naiknya 5 ribu sampai Rp10 ribu, kalau lebaran kira kira Rp160 ribu," terangnya.

Madin bercerita sesama pedagang mulai berhenti berjualan karena permintaan yang lemah membuat stok yang mereka beli di harga mahal tidak kunjung laku.

Senada, Asep yang menjual daging sapi lokal merasa dirugikan ketika harga yang tinggi membuat pelanggannya pergi, terlebih ketika tidak ada pelanggan baik dari pelaku usaha maupun rumah tangga.

"Kios di sebelah itu kebanyakan mereka tidak punya pelanggan, harga yang tinggi, konsumen tidak mau beli. Itu dampak yang kami rasakan," jelas pria umur 42 tahun itu.

Diketahui puasa Ramadhan memang tinggal sebentar lagi, namun harga per kilogram daging sapi di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan. Bahkan pedagang memperkirakan ada kenaikan hingga Rp160 ribu/kg saat Ramadan dimulai.

Saat ini harga daging berkisar antara Rp130 ribu sampai Rp140 ribu per kilogram (kg).

"Sekarang harga daging Rp130 ribu per kilogram sampai Rp140 ribu per kilogram. Nah untuk nanti menjelang puasa bisa mencapai Rp150 ribu per kilogram sampai 160 ribu per kilogram," ujar Asep, seorang pedagang daging sapi di Pasar Jaya Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu pagi dikutip dari idxchannel.com (26/3/2022).

Asep mengatakan kemungkinan harga bisa menembus level Rp200 ribu per kilogram pada puncak lebaran. Pria berusia 42 tahun itu menilai bahwa harga sapi impor yang mahal turut mendongkrak sapi lokal.

"Kami tidak bisa berkutik, tidak bisa berkata apa-apa lagi kalau impor Asutralia sudah mahal," jelasnya.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network