Tips Persiapan Sepeda Motor untuk Mudik agar Lancar Tanpa Hambatan  

Nanang Sulaeman
Tips Persiapan Sepeda Motor untuk Mudik agar Lancar Tanpa Hambatan (Foto: Freepic)

Ternyata sepeda motor masih menjadi kendaraan yang masih diminati banyak orang untuk melakukan mudik lebaran 2022, namun jangan lupa lakukan pemeriksaan motor anda agar mudik jadi nyaman dan lancar.

Pemeriksaan kendaraan dilakukan agar nantinya perjalanan mudik dapat berjalan lancar. Tidak ada kendala atau masalah di perjalanan yang dapat menimbulkan risiko fatal.

Nah bagi kalian yang memutuskan untuk mudik menggunakan motor, berikut adalah bagian-bagian yang tidak boleh terlewat untuk diperiksa:

1. Oli mesin

Seperti diketahui bersama, oli berfungsi untuk melumasi sekaligus mendinginkan mesin. Untuk itu penting untuk memeriksa kondisi oli mesin sebelum berangkat mudik.

Pastikan oli sudah sesuai dengan spesifikasi mesin dan jangan sampai kapasitas oli kurang. Oli yang kurang maka akan membuat kinerja mesin semakin berat.

2. Ban

Kondisi ban yang kurang atau lebih angin dapat mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara. Bahkan lebih parahnya lagi, bisa-bisa mengakibatkan kecelakaan yang dapat berujung fatal.

Pastikan tekanan angin sudah sesuai yakni di kisaran kisaran 29 psi untuk ban depan dan 33 psi untuk ban belakang. Periksa juga keausan ban dengan melihat tanda segitiga di sisi luar ban.

3. Lampu

Jarak tempuh yang jauh dan kondisi macet bukan tidak mungkin di perjalanan akan menjumpai malam. Pastikan lampu berfungsi sebagaimana mestinya dan ukuran sesuai standar.

Lampu menjadi penanda bagi sepeda motor saat berjalan, belok, dan melakukan pengereman. Meski demikian jangan juga menggunakan lampu yang terlalu terang karena dapat membahayakan pengendara lain.

4. Busi

Busi menjadi komponen vital yang harus diperiksa. Kondisi busi yang sudah jelek bisa menyebabkan aliran listrik dari ignition coil ke busi tidak sempurna.

Bersihkan busi atau ganti jika dirasa busi sudah tidak layak diajak perjalanan jauh. Pastikan usia pakai busi belum mencapai maksimal 8.000 km.
5. Rantai atau drive belt

Sebelum berangkat, pastikan rantai roda mencengkram gir dengan mantap. Rantai yang haus dapat menyebabkan rantai lepas atau putus, dan ini tentu akan merepotkan.

Pastikan masa pakai rantai belum menyentuh 24.000 km. Jangan paksakan melebihi dari kilometer tersebut agar performa motor masih bisa optimal.

6. Rem

Peranti rem mulai dari handle, pedal, hingga rem itu sendiri harus diperiksa. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika perlu ganti minyak rem dan kampas sebelum mudik.

Rem memiliki fungsi yang sangat krusial untuk menahan atau menghentikan laju roda saat berkendara. Tidak jarang kecelakaan motor akibat fungsi rem yang tidak maksimal.

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network