Wagub DKI: JIS Layak Gelar Final Liga Champions hingga Piala Dunia

Hadi Widodo
Wagub DKI Ungkap JIS Bisa Gelar Final Liga Champions hingga Piala Dunia (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan bahwa Jakarta Internasional Stadium (JIS) layak menggelar final Liga Champions hingga Piala Dunia.

Dia juga membandingkan Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan stadion di Inggris yaitu Old Trafford dan Anfield. 

"Setelah sholat Idulfitri kemarin, saya sempatkan mampir sebentar di Stadion Anfield, markas Liverpool dengan kapasitas 54.074 tempat duduk dan Stadion Old Trafford kandang Manchester United yang sanggup menampung 76.000 penonton. Kita patut bangga, Jakarta sudah punya Jakarta Internasional Stadium (JIS) dengan kapasitas 82.000 tempat duduk," kata Riza dalam laman Instagram @arizapatria, Jumat (6/5/2022).

Riza menyebut JIS punya atap buka tutup (retractable roof) yang belum dimiliki Anfield, Old Trafford, dan banyak stadion di dunia. Dia menegaskan keunggulan itu yang membuat dirinya yakin Jakarta Internasional Stadium layak untuk menggelar final Liga Champions hingga final Piala Dunia.

Dia menjelaskan sepak bola telah menjadi industri di Inggris. Menurutnya kepercayaan pihak swasta untuk menjadi sponsor dan berinvestasi pada klub-klub sepakbola di Eropa merupakan hal yang perlu dipelajari dan diterapkan di Indonesia. Dia pun berharap klub Indonesia dapat menembus pasar dunia.

Kita berharap, semoga saat ini Persija dan klub Indonesia lainnya sedang menjalani tahapan-tahapan menuju klub kelas dunia seperti Liverpool, MU, Real Madrid, Bayer Munchen, AC Milan, dan lain-lain," ujarnya.

Bahkan Riza bertanya seraya menantang anak Indonesia untuk mentas di sepak bola dunia. Dia menilai anak Indonesia sudah saatnya menembus klub-klub beken di dunia.

"Gaji pemain seperti Mohamed Salah mencapai Rp3,7 miliar per pekan dan Cristiano Ronaldo Rp7,1 miliar per pekan. Tentunya pendapatan klub-klub sepak bola di Inggris sangat besar sehingga berani menggaji pemain dengan angka sefantastis itu. Mampukah anak Indonesia bermain di klub liga inggris?," tuturnya.

"Kalau anak-anak Indonesia mampu menembus kampus-kampus terbaik di dunia seperti Oxford, Stanford, Harvard, MIT, Cambridge, dan lain-lain bahkan berprestasi, mestinya anak-anak Indonesia juga mampu menembus dan bermain di klub-klub seperti Liverpool, Manchester United, Chelsea, dan lain-lain.," katanya.

Lebih lanjut, politikus Partai Gerindra yang mengidolakan klub Liverpool itu berharap dapat menang di Final Liga Champions. Diketahui Liverpool akan menjamu Real Madrid di Paris akhir Mei mendatang. "Kita berharap Liverpool menang dalam final Liga Champions akhir Mei nanti," harapnya.
 

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network