Kolestrol Naik di Masa Lebaran Berikut 5  Cara Mengatasinya 

Nanang Sulaeman
Kolestrol naik dimasa lebaran berikut 5  cara mengatasinya 

JAKARTA, iNews.id - Kolestrol naik di masa lebaran berikut cara mengatasinya. 
Ketika libur  lebaran dan Idulfitri  tidak sedikit dari kita yang  kalap makan, karena semua hidangan yang tersedia memang enak. Mulai dari opor ayam, Rendang, sambel ati. 
Yang cendrung banyak menngunakan santan 

Dokter spesialis gizi klinis, dr. Sheena R. Angelia mengatakan, ketika makan terlalu banyak ketika Lebaran dapat meningkatkan kadar kolesterol.

“Konsumsi makanan tinggi kolesterol, contohnya daging berlemak, jeroan, dan makanan tinggi lemak jenuh, seperti kue kering, cake, hidangan bersantan dan digoreng memang bisa memicu lonjakan kolesterol,” ujar dr. Sheena.

Kolestrol naik dimasa lebaran berikut 5  cara mengatasinya 

1. Konsumsi plant stanol ester

Cara satu ini disebutkan oleh dr. Sheena sebagai salah satu cara pengendalian kolesterol dalam tubuh. “Pencegahan lonjakan kolesterol ini dapat dibantu dengan mengonsumsi plant stanol ester secara rutin,” kata dr. Sheena, seperti dikutip dari siaran media Nutrive Beneco.

Plant stanol ester adalah pangan fungsional dari bahan makanan sumber terutama nabati seperti minyak nabati, gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan. National Cholesterol Education Program Adult Treatment Panel III (NCEP ATP III) merekomendasikan konsumsi plant stanol ester  2 gram per hari. Beberapa penelitian menyebutkan plant stanol ester dapat menurunkan kadar LDL hingga 11 persen. 

2. Makan serat larut

Konsumsi beberapa sumber serat larut seperti sereal gandum, kacang dan lentil, kubis Brussel, buah-buahan, kacang polong, flaxseeds atau bisa juga suplemen serat seperti psyllium yang aman dan murah.

3. Olahraga

Selain dibantu dengan makanan, cara mengatasi lonjakan kolesterol ini juga harus dibantu dengan gerakan aktif fisik. Selain menjadi upaya untuk menyehatkan jantung, juga dapat meningkatkan kebugaran fisik dan membantu memerangi obesitas. Cara ini juga dapat mengurangi LDL yang berbahaya dan meningkatkan HDL yang baik untuk tubuh. Direkomendasikan selama 150 menit melakukan latihan aerobik dalam seminggu. Ini sudah cukup untuk menurunkan kolesterol!


4. Makan ikan

Dikutip dari Healthline yang sudah ditinjau secara medis ahli gizi, Katherine Marengo LDN, R.D., untuk menurunkan kolesterol disarankan rajin mengonsumsi ikan dua sampai empat kali seminggu. Sebab, bukan hanya lemak omega-3 dalam ikan yang menyehatkan jantung, tetapi mengganti daging merah dengan ikan akan menurunkan kolesterol dengan mengurangi paparan lemak jenuh yang tinggi di daging merah. Pilih ikan seperti salmon liar, sarden, dan tuna sirip biru

5. Konsumsi bawang putih

Penelitian menunjukkan makan setengah hingga satu siung bawang putih setiap hari dapat menurunkan kolesterol hingga 9 persen

Editor : Hadi Widodo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network