Pemeritah Antisipasi Potensi Lonjakan Covid-19 hingga Hepatitis Akut

Hadi Widodo
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah harus siap menjalankan skenario adanya potensi lonjakan kasus Covid-19 dan munculnya fenomena hepatitis akut pada anak dan remaja.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan meminta semua jajaran untuk mencermati dan menindaklanjuti setiap penambahan kasus hingga prosedur penanganan sudah kembali dimatangkan. Fasilitas-fasilitas kesehatan dengan tenaga, obat, serta peralatan juga telah disiagakan, termasuk komunikasi public yang masif.

“Pemerintah siap dengan semua skenario. Meskipun, kita cukup percaya bahwa kebijakan pelonggaran mudik tahun ini sudah tepat, risikonya cukup terukur dan termitigasi dengan baik,” ujarnya.

Pemerintah siap dengan kemungkinan terjadinya peningkatan kasus Covid-19 mengingat tahun ini mudik memang berlangsung sangat meriah. Survei Kemenhub yang memprediksi pemudik tahun ini akan mencapai 85,5 juta orang sepertinya tak jauh meleset. Sejumlah data menunjukkan, arus mudik tahun ini memang memecahkan rekor lalu lintas tertinggi sepanjang sejarah.

Sebagai contoh, untuk Jabotabek saja, menurut data Jasa Marga, jumlah mobil keluar sejak H-10 hingga H-1 Lebaran (22 April-1 Mei) mencapai 1,7 juta alias 10% lebih tinggi dibanding mudik 2019. Data ASDP Indonesia Ferry mencatat, total penumpang yang menyeberang melalui pelabuhan Merak mencapai 3,2 juta orang (naik 65% dari 2021), dengan jumlah kendaraan roda dua mencapai 144.000 unit (naik 47% dari 2021), serta kendaraan roda empat mencapai 238.000 unit (naik 59% dari 2021).

Editor : Hadi Widodo

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network