Timnas Indonesia Bisa Lolos Piala Asia 2023 sebagai Juara Grup dan Runner-up Terbaik

Nanang Sulaeman
Timnas Siap Lolos Piala Asia 2023 (Foto: Instagram)

Meski akhirnya finis di posisi dua Grup A, Timnas Indonesia tak otomatis merebut status runner-up terbaik. Sekadar diketahui, selain enam juara grup, hanya lima runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023 yang diizinkan lolos ke Piala Asia 2023. Hal itu berarti, ada satu runner-up yang gagal lolos ke putaran final.

Karena itu, nasib Timnas Indonesia bergantung kepada hasil di grup lain, tepatnya hasil yang didapat Filipina (Grup B) dan Malaysia (Grup E). Di matchday pamungkas, Timnas Filipina yang kini mengoleksi empat angka bertemu pemuncak klasemen Grup B, Palestina, yang di matchday kedua menang 5-0 atas Yaman.

Jika Filipina gagal menang semisal hanya imbang lawan Palestina, otomatis Timnas Indonesia merebut status lima runner-up terbaik. Namun, dengan catatan, Timnas Indonesia menang atas Nepal dan Kuwait gagal menang kontra Yordania, atau jika pun Kuwait menang atas Yordania tak lebih dari 1-0.

Andai kondisi di atas terjadi, Timnas Indonesia dan Filipina bisa sama-sama lolos. Asalkan di laga lain, Malaysia yang kini menempati runner-up Grup E dengan tiga angka, gagal menang lawan Bangladesh.

Benar, Malaysia hanya bersua Bangladesh, tim yang selalu kalah dalam dua laga awal Grup E Kualifikasi Piala Asia 2023. Namun, jangan lupa, Bangladesh sempat menahan Timnas Indonesia 0-0 di laga uji coba pada Rabu mendatang.

Editor : Hadi Widodo

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network