get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Pencabulan, Puluhan Massa Mahasiswa Demo di BPN Pemalang

3 Demo Besar Bersejarah di Masa Pemerintahan Presiden Soeharto

Rabu, 15 Juni 2022 | 13:44 WIB
header img
3 Demo Besar Bersejarah di Masa Pemerintahan Presiden Soeharto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Soeharto  memimpin Indonesia selama 32 tahun sejak 1967-1998. Selama Soeharto menjabat menjadi presiden di Indonesia terdapat demo dengan massa yang cukup besar. Bahkan aksi demo yang terjadi ini menimbulkan korban jiwa.

Berikut ini 3 demo besar yang terjadi di era Presiden Soeharto:

1. Demo Tanjung Priok

Pada 12 September 1984, terjadi insiden berdarah di Tanjung Priok yang mengakibatkan korban luka hingga tewas di kalangan sipil. Peristiwa ini terjadi ketika Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) menangani demo yang dilakukan masyarakat yang menolak diterapkannya asas tunggal Pancasila oleh Soeharto.

Demo ini pun berujung kerusuhan yang mengakibatkan aparat bertindak tegas dengan melepaskan tembakan. Menurut data Komisi Nasional untuk Hak Asasi Manusia, 24 orang tewas dan 55 orang mengalami luka luka.

2. Demo Semanggi I

Pada 11-13 November 1998 terjadi demo Semanggi I yang menentang pemerintah dan anggota DPR/MPR Orde Baru. Saat itu, pemerintah transisi Indonesia melaksanakan Sidang Istimewa yang bertujuan membahas agenda pemerintahan serta menentukan pemilu selanjutnya. Saat berlangsung sidang tersebut, warga bergabung dengan mahasiswa yang berdemo di Jakarta dan kota besar di Indonesia.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut