get app
inews
Aa Read Next : 5 Tokoh Pemuda ini Rela Bertaruh Nyawa demi Kemerdekaan Indonesia

Pasukan Barisan Berani Mati Begitu Perkasa Usir Penjajah

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 07:52 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Okezone)

BERTUGAS mengusir penjajah dan bertekas rebut kemerdekaan Indonesia, Pasukan Barisan Berani Mati berhasil dibentuk oleh Bung Tomo demi menghadapi peperangan kemerdekaan.

 

Bung Tomo membentuk pasukan ini untuk melahirkan para pejuang yang tidak gentar berperang melawan tentara musuh, siap mati, dan siap menjadi syuhada. Namun Bung Tomo tidak mau memaksakan orang-orang untuk dijadikan pasukan atau anggota Barisan Berani Mati. 

 

Abdul Waid pada bukunya "Bung Tomo : Hidup dan Mati Pengobar Semangat Tempur 10 November" menyatakan pasukan Barisan Berani Mati ini sebenarnya berasal dari sejumlah mantan pemimpin PETA (Pembela Tanah Air), warisan Jepang.

 

Namun tak hanya mereka yang sudah terlatih berperang saja, para warga yang ingin berjuang juga turut diterima dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu. 

 

Para pendaftar pasukan ini datang dan mendaftarkan diri dengan sukarela tanpa ada paksaan sedikit pun.

 

Bung Tomo memanggil siapa saja yang siap dan ikhlas dikader menjadi anggota Barisan Berani Mati lewat siaran radio pemberontakan. Bagi yang mendaftar akan dilatih secara intensif ala militer sehingga siap diterjunkan ke medan perang.

 

Tempat latihannya di Tembok Dukuh. Materi latihannya berkaitan dengan cara-cara peperangan untuk menaklukkan para tentara musuh lazimnya para mujahid.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut