get app
inews
Aa Read Next : Harga Gandum Dunia Meroket, Begini Saran Jitu Ekonom ke Pemerintah

Tragis! Mantan Intelijen Rusia Ditemukan Tewas di dalam Kamar Mandi Apartemen

Jum'at, 17 Juni 2022 | 15:54 WIB
header img
Tragis! Mantan Intelijen Rusia Ditemukan Tewas di dalam Kamar Mandi Apartemen (Foto: Okezone)

MOSKOW – Diduga bunuh diri  menggunakan pistol, mantan pimpinan dinas intelijen asing Rusia, Lev Sotskov ditemukan tewas di apartemennya di Moskow.

Mayat Sotskov ditemukan oleh istrinya sekira tengah hari pada Rabu (15/6/2022), di dalam kamar mandi apartemen mereka di barat daya Moskow, media Rusia melaporkan, mengutip sumber polisi. Dia mengalami luka tembak di kepalanya.

Menurut informasi awal, pensiunan mayor jenderal berusia 90 tahun itu menggunakan pistol untuk bunuh yang diri berasal dari hadiah rekannya.

"Menurut informasi awal, penyebab kematiannya adalah bunuh diri," kata polisi kepada media sebagaimana dilansir RT. Di sebelah Sotskov ada pistol semi-otomatis Tokarev TT-30, bersama dengan catatan yang menjelaskan dari mana asalnya.

“Pistol adalah peninggalan pertempuran di Sungai Khalkhin-Gol. Saya menerimanya ketika saya menjadi utusan untuk dinas rahasia Mongolia, pada peringatan 500 tahun Ulan-Bator, pada tahun 1989. - L. Sotskov,” demikian bunyi surat itu.

Surat kabar Kommersant melaporkan bahwa Sotskov memiliki sejumlah kondisi medis yang serius dan telah berulang kali memberi tahu kerabatnya bahwa dia "lelah hidup".

Lahir di Leningrad pada 1932, Sotskov bergabung dengan KGB pada 1959, menghabiskan lebih dari 40 tahun di intelijen asing dan pusat Uni Soviet dan kemudian Rusia. Direktorat Utama Pertama KGB digantikan oleh Badan Intelijen Asing (SVR) pada 1991.

“Sayangnya, seorang jenderal besar dan veteran yang layak dari Badan Intelijen Asing, telah meninggal dunia,” kata Sergey Ivanov, kepala kantor pers SVR, menggambarkan kematian Sotskov sebagai “tragedi pribadi” untuk dinas tersebut.

Setelah pensiun, Sotskov mendedikasikan dirinya untuk sejarah, menyisir arsip SVR untuk menulis beberapa buku tentang pekerjaan dinas intelijen. Dia menerima hadiah SVR khusus pada 2006, untuk bukunya 'Operation Tarantula,' yang merinci kegiatan intelijen Soviet yang menargetkan politisi dan mata-mata Inggris antara 1930 dan 1945.

Sotskov juga telah menerbitkan dokumen yang menunjukkan bahwa invasi Uni Soviet pada Juni 1941 oleh Nazi Jerman bukanlah sesuatu yang tidak terduga, seperti yang disebutkan oleh sejarah resmi pada waktu itu.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut