get app
inews
Aa Read Next : 3 Bandara Layani Fast Track, Jamaah Haji 2024 Terbagi 554 Kloter

Update Haji 2022: Rompi Penurun Suhu ini bisa jadi Penolong Kasus Heat Stroke Jamaah

Selasa, 28 Juni 2022 | 12:31 WIB
header img
Update Haji 2022: Rompi Penurun Suhu ini bisa jadi Penolong Kasus Heat Stroke Jamaah (Foto: Okezone)

MAKKAH - Tantangan pada pelaksanaan ibadah haji 2022, adalah suhu ekstrem panas yang terjadi di Arab Saudi menjelang pelaksanaan puncak haji di di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna), jamaah haji Indonesiapun bisa memanfaatkan rompi penurun suhu pada saat puncak haji 

Kementerian Kesehatan memanfaatkan teknologi carbon cool yang didesain menjadi set rompi penurun suhu untuk penanganan kasus heat stroke 

Rompi ini juga akan digunakan oleh petugas kesehatan yang bertugas saat puncak haji di Armuzna sebagai tindakan pencegahan.

"Rompi penurun suhu ini merupakan inovasi pelayanan kesehatan di musim haji 1443 H, untuk penanganan kasus heat stroke yang mungkin terjadi di musim haji 2022 ini," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana di Makkah, Senin (27/6/2022).

Sebanyak 10 jaket sudah disiapkan untuk petugas, sementara 20 jaket disiapkan untuk pertolongan pertama pada jamaah heat stroke.

Tim dokter Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah Suzy Indharty mengatakan bahwa pengukuran suhu dan tanda vital jamaah menjadi parameter dalam penggunaan rompi set ini.

"Suhu diukur secara continues, dan akan dihentikan setelah suhu pasien turun mencapai 38 derajat, untuk kemudian diberikan terapi standar lainnya," katanya.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut