get app
inews
Aa Read Next : Kota Pekalongan akan Tambah Dua Hotel Berbintang

7 Tempat Wisata di Brebes Paling Menakjubkan, Nomor 4 Penuh Misteri

Rabu, 20 Oktober 2021 | 21:13 WIB
header img
Ranto Canyon di Desa Winduasri, Kecamatan Salem Brebes. (Foto: Instagram)

BREBES, iNews.id – Brebes tak hanya terkenal dengan telur asin dan bawang merahnya, namun juga memiliki tempat wisata yang menakjubkan.

Setidaknya ada 7 tempat wisata di Brebes yang bisa dieksplorasi wisatawan saat liburan. Mulai dari candi, air terjun, pantai hingga hutan mangrove memiliki daya pikat.

Wisata alam yang disajikan di Brebes ini dapat memanjakan mata, udara sejuk dan juga pemandangan eksotis. Lokasinya sangat cocok untuk menepi dari penatnya aktivitas harian. 

Berikut 7 tempat wisata di Brebes paling menakjubkan:

1. Ranto Canyon

Air terjun yang segar dan eksotis dapat memanjakan mata, yaitu Air Terjun Ranto Canyon. Terletak di Desa Winduasri, Kecamatan Salem, Brebes.


Ranto Canyon salah satu tempat wisata di Brebes yang menakjubkan. (Foto: Instagram)

Untuk sampai ke sungai ini Anda harus melewati tebing yang cukup mainstream. Namun, jika sudah sampai di dasar sungai, lelah yang Anda rasakan akan lenyap dengan keindahan pemandangan dasar laut dan tebing tinggi dengan air yang mengalir bak hujan.

2. Candi Pangkuan

Tempat ini berada di tengah hutan yang di kelilingi pepohonan besar. Saat mengunjungi candi pangkuan, Anda akan menemukan ratusan monyet yang disebut penjaga candi.


Candi Pangkuan salah satu tempat wisata di Brebes. (Foto: Instagram)

Menurut warga, tidak setiap hari monyet tersebut akan menampakkan diri, hanya beberapa saja itu juga hanya lewat. Anda juga dapat memberikan makanan seperti kacang atau roti. Candi Pangkuan terletak di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. 

3. Agro Wisata Kaligua

Objek Wisata yang satu ini sudah dikenal banyak wisatawan dari luar daerah. Agro wisata Kaligua terletak di Jalan Kaligua, Sawah,Ladang, Kretek, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.


Objek wisata Kaligua dengan udara sejuk dan panorama Gunung Slamet. (Foto: Instagram)

Tempat ini tidak hanya menyajikan luasnya kebun teh dan pemandangan gunung dan bukit indah, di sini Anda juga dapat belajar sejarah mengenai gua peninggalan Jepang yang dinamakan Goa Jepang.

4. Telaga Ranjeng

Dalam perjalanan menuju ke wisata Kaligua, Anda dapat menemukan telaga yang berisikan ribuan ikan yang siap menyambut Anda. Telaga ini disebut Ranjeng. Anehnya, ribuan ikan di Telaga Renjeng atau Ranjeng ini bisa berubah-ubah jenisnya tiap saat, padahal tidak ada yang menabur benih.

Cagar alam Telaga Ranjeng di Desa Pandansari Kecamatan Paguyangan ini berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Kesan mistis mulai terasa saat memasuki Telaga Ranjeng yang memiliki luas 18 hektare lebih yang dikelilingi hutan lindung seluas lima 50  hektare.


Telaga Ranjeng di Paguyangan, Brebes. (Foto: Dok.iNews.id)

Konon ikan lele raksasa di telaga tersebut merupakan kutukan seorang santri yang durhaka kepada gurunya, hingga dikutuk menjadi ikan lele raksasa. Mitos di masyarakat berkembang ikan lele raksasa sebagai salah satu penunggu di Telaga Ranjeng sehingga warga dan para pengunjung tidak ada yang berani mengusik keberadaan ikan-ikan di Telaga Ranjeng. Hal itu karena diyakini jika ada yang mengambil ikan tersebut maka orang yang mengambilnya akan mengalami petaka.

5. Curug Putri

Objek wisata yang terakhir ini memiliki ciri khas unik, yaitu tebing bebatuan yang rapi seperti susunan batu yang sengaja di susun. Ketinggian air sekitar 35 meter. Aliran Air yang jatuh menambah keindahan Curug Putri.

Air jernih dan suasana yang asri sangat nyaman untuk dikunjungi. Lokasi curug ini di Desa Mandala, Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Untuk menemukan curug ini tergolong lumayan susah karena akses jalan yang dilewati khusus pejalan kaki dan motor satu arah.

6. Hutan Mangrove

Wisata alam selanjutnya yaitu hutan mangrove yang terletak di Desa Dukuh Pandansari, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Hutan mangrove memiliki fasilitas yang cukup mendukung para wisatawan untuk menikmati biota laut yang sudah dibudidayakan. Anda juga dapat menikmati hutan mangrove dengan mengelilinginya menggunakan perahu yang sudah disediakan oleh pengelola.

7. Pantai Randusanga Indah (Parin)

Pantai ini tidak jauh dari jalur pantura Brebes tepatnya sekitar 5 km dari jalur transnasional. Seperti umumnya pantai di utara Jawa dengan deburan ombaknya yang tenang dan hamparan pasir hitam.

Pantai ini memiliki keindahan terutama jika pagi hari dengan sunrise-nya yang indah. Anda juga bisa menyaksikan pemandangan matahari tenggelam atau sunset.


Pantai randusanga Indah. (Foto: Instagram)



Pantai Randusanga Indah ini berada di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan/Kabupaten Brebes. Di lokasi wisata ini banyak tersedia aneka kuliner dengan sajian utama seafood. Namun, ada juga makanan khas Brebes lainnya yakni nasi Bebek dan sate blengong.

Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas Brebes di sepanjang jalan menuju pantai yakni telo asin.
Itu dia 6 tempat wisata di Brebes dengan pemandangan alam yang asri dan indah. Bisa menjadi alternatif untuk liburan bersama saat akhir pekan.

Editor : Kastolani

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut