get app
inews
Aa Read Next : Cakupan UHC Negara Indonesia Tercepat di Dunia

Jangan Salah Pilih ya Bestie, ini 4 Cara Mudah Memilih Pembalut yang Aman dan Sehat

Sabtu, 09 Juli 2022 | 07:28 WIB
header img
Jangan Salah Pilih ya Bestie, ini 4 Cara Mudah Memilih Pembalut yang Aman dan Sehat (Foto: Okezone)

BAGI para wanita, salah memilih pembalut bisa menimbulkan berbagai permasalahan terutama masalah kesehatan.

Ada beragam produk pembalut yang tersedia di pasaran, oleh sebab itu kamu enggak boleh sembarangan memilih perangkat untuk menyerap darah menstruasi tersebut.

Pemilihan pembalut perlu diperhatikan agar kulit di sekitar selangkangan kamu tetap terjaga. Sehingga, bisa mengurangi risiko masalah kewanitaan.

Supaya enggak salah pilih, yuk ketahui cara memilih pembalut yang aman dan sehat seperti dikutip dari Okezone (8/7/2022):

1. Hindari Pembalut dengan Pengharum dan Pemutih

Beberapa wanita memilih pembalut dengan pengharum karena khawatir bau darah menstruasi bisa tercium orang lain. Nyatanya, dr. Dyah mengatakan pembalut dengan pengharum tidak aman bagi kesehatan. “Pembalut dengan pengharum bisa memicu efek samping, seperti iritasi, gatal, ruam, atau alergi,” katanya.

Hal ini tentu dapat mengganggu kesehatan kulit di bagian sensitif kamu. Karena itu, pilih pembalut yang aman untuk kesehatan dengan label Fragrance-free.Selain pengharum, dr. Dyah juga menganjurkan agar kamu menghindari pembalut dengan kandungan pemutih klorin yang diduga juga bisa membahayakan kesehatan.

2. Pertimbangkan Panjang dan Bentuk Pembalut

Berikutnya, cara memilih pembalut yang baik adalah dengan mempertimbangkan bentuk dan panjang pembalut. Jika memiliki bentuk tubuh yang besar serta aliran haid yang deras, mungkin kamu membutuhkan pembalut ekstra panjang.

Kamu juga bisa memilih pembalut yang dilengkapi dengan “sayap pelindung” di kedua sisinya. Fitur ini membantu menahan posisi pembalut agar tidak bergeser ketika ditempelkan pada celana dalam.

Nah, biasanya wanita memilih pembalut ukuran yang lebih pendek dan kecil ketika darah menstruasi tidak lagi deras. Soalnya, pembalut pendek dinilai lebih nyaman digunakan untuk beraktivitas, daripada pembalut panjang. Meski begitu, semua kembali pada kenyamanan masing-masing. Karena itu, ketahui kebutuhan kamu, ya!

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut