get app
inews
Aa Read Next : Cakupan UHC Negara Indonesia Tercepat di Dunia

Jangan Salah Pilih ya Bestie, ini 4 Cara Mudah Memilih Pembalut yang Aman dan Sehat

Sabtu, 09 Juli 2022 | 07:28 WIB
header img
Jangan Salah Pilih ya Bestie, ini 4 Cara Mudah Memilih Pembalut yang Aman dan Sehat (Foto: Okezone)

3. Pilih Pembalut Sesuai Kebutuhan

Pembalut ada dua macamnya, yaitu pembalut sekali pakai dan pembalut kain. Pembalut sekali pakai dinilai lebih praktis karena bisa langsung dibuang usai digunakan.

Sayangnya, pembalut sekali pakai mengandung zat kimia yang diduga bisa merusak kulit. Salah satu kandungan kimia dalam pembalut sekali pakai adalah aseton. Zat pelarut ini dinilai bisa menyebabkan iritasi kulit.

Selain itu, zat kimia dalam pembalut sekali pakai dipercaya bisa merusak flora yang berperan menjaga tingkat keasaman organ intim. Akibatnya, risiko tumbuhnya kuman yang bisa menginfeksi miss V kian besar.

Pembalut

Disampaikan dr. Dyah Novita Anggraini, jika ingin mengurangi dampak buruk bahan kimia dalam pembalut sekali pakai, kamu bisa memilih pembalut kain.Penggunaan pembalut kain bisa berulang kali sehingga lebih ekonomis dan ramah lingkungan.

Sayangnya, pembalut kain harus dicuci setiap selesai digunakan. Pembalut ini juga dinilai lebih cepat lembap. Hal ini mungkin bisa membuat kamu tidak nyaman, terutama ketika aliran darah menstruasi sedang deras-derasnya.

Terlebih, jelang berakhirnya siklus menstruasi, pembalut harus diganti setiap 3–4 jam sekali. Tujuannya untuk mencegah penumpukan bakteri dan mengurangi potensi timbulnya aroma tidak sedap. Karena itu, penting untuk memilih pembalut sesuai kebutuhan kamu, ya!

4. Pilih Pembalut dengan Daya Serap Tinggi

Ketika memilih pembalut, kamu harus mempertimbangkan daya serapnya juga, lho. Tentu saja, kamu ingin menggunakan pembalut yang bisa menahan darah menstruasi dengan baik, bukan?

Menurut Sigma Test and Research Centre, jika kamu memiliki aliran darah yang deras, usahakan pilih pembalut dengan daya serap tinggi. Agar darah bisa diserap lebih cepat dan banyak. Sehingga, bisa mengurangi risiko darah meluber ke area luar pembalut.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut