get app
inews
Aa Read Next : 81 Jamaah Umroh Noor Alia Pekalongan Siap Berangkat Ke Tanah Suci

Bukan Hanya Jantung, Ternyata Penyakit ini Paling Banyak Diidap oleh Jamaah Haji Indonesia

Sabtu, 16 Juli 2022 | 07:05 WIB
header img
Bukan Hanya Jantung, Ternyata Penyakit ini Paling Banyak Diidap oleh Jamaah Haji Indonesia (Foto: Nuonline)

LAPORAN pelaksanaan ibadah haji tahun 2022 semenjak keberangkatan jamaah Indonesia pada 4 Juni 2022, banyak penyakit yang dialami para jamaah haji  asal Indonesia pada masa haji tahun 2022 antara lain kelelahan dan dehidrasi 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kementerian Kesehatan dr. Budi Sylvana. Rupanya penyakit yang dialami para jamaah bukan hanya penyakit jantung atau kardiovaskular, tetapi masih ada penyakit lain, seperti komorbid atau penyakit bawaan.

"Banyak yang mengalami kelelahan ini jadi faktor utama karena proses ibadah haji adalah aktivitas fisik. Didominasi oleh aktivitas fisik sehingga ini jadi salah satu faktor banyak jamaah jatuh sakit ataupun penyakit-penyakit komorbid lainnya timbul," kata dr Budi dalam siaran pers di YouTube Kemenkes, dikutip Jumat (15/7/2022).

Lebih lanjut, Dokter Budi menjelaskan, pertama yang banyak dialami yaitu kelelahan. Di mana ibadah haji dikatakan merupakan aktivitas fisik, yang bisa memicu rasa lelah bagi para jamaah haji.

Kedua, dehidrasi karena di Arab Saudi memiliki suhu yang tinggi. Menurut Budi dua faktor itulah yang paling sering dialami oleh jamaah haji Indonesia.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut