get app
inews
Aa Read Next : Bayi Lebih Mudah Dehidrasi Waspada Bahaya Infeksi 

Tak Hanya Oralit, ini Cara Cepat dan Mudah Obati Diare di Rumah

Minggu, 24 Juli 2022 | 06:39 WIB
header img
Tak Hanya Oralit, ini Cara Cepat dan Mudah Obati Diare di Rumah (Foto: Freepic)

JAKARTA, iNews.id - Jangan anggap remeh dengan penyakit diare, walaupun kebanyakan orang pernah mengalaminya. Bila Anda tidak cepat mengobatinya, diare dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

Salah satunya adalah mengakibatkan dehidrasi, yaitu kekurangan cairan tubuh, yang bila tidak segera ditangani akan dapat berakibat fatal, bahkan bisa berujung pada kematian.

Dirangkum iNewspantura dari berbagai Sumber pada  23/7/2022 Berikut ini adalah beberapa cara cepat dan mudah mengobati Diare dirumah  jika Anda atau anggota keluarga lain mengalami diare.

1. Banyak minum air

Ketika mengalami diare, menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan sangatlah penting. Anak-anak dan orang tua merupakan kelompok umur yang rentan mengalami dehidrasi akibat diare.

Perbanyak konsumsi cairan seperti air putih, jus, sup ayam tanpa lemak, atau bisa juga oralit atau cairan yang mengandung elektrolit lainnya yang dijual secara bebas di pasaran.

Sebagai upaya untuk terus terhidrasi, usahakan sedikitnya mengonsumsi 8 gelas cairan per hari. Namun, jika Anda memiliki gangguan jantung, ginjal, dan hati, maka sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu mengenai jumlah batasan asupan cairan tambahan dengan dokter yang menangani Anda.

Hindari meminum alkohol,  susu, minuman bersoda, atau minuman yang mengandung kafein karena dapat memperparah gejala yang Anda rasakan.

2. Konsumsi probiotik

Probiotik merupakan sumber bakteria baik yang bekerja di saluran usus untuk membuat lingkungan usus sehat. Probiotik menjaga kesehatan usus agar terhindar dari infeksi.

Probiotik juga dapat membantu mengatasi diare dengan menyeimbangkan bakteri di usus. 

Ada beberapa jenis probiotik yang bisa diperoleh dari beberapa jenis makanan yang difermentasi, seperti tempe, miso, kimchi, keju, yoghurt, kombucha, dan lain sebagainya.

Selain bersumber dari makanan, probiotik juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen. Meski demikian, sebelum mengonsumsi suplemen probiotik sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

3. Konsumsi obat anti diare tanpa resep

Beberapa jenis obat anti diare yang dapat dibeli tanpa resep seperti bismuth subsalisilat atau loperamide dapat membantu mengurangi keluhan diare ringan. Namun, penggunaan obat-obat tersebut tidak dapat mengatasi penyebab diare. 

Bila Anda mengalami diare kronis, yaitu diare yang dialami lebih dari 14 hari, sebaiknya Anda mengonsultasikannya ke dokter terlebih dahulu, sebelum mengonsumsi obat-obatan tersebut.

Selain itu, jangan memberikan obat antidiare kepada anak tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

4. Diet rendah serat

Konsumsi makanan tinggi serat memang dikenal baik untuk kesehatan organ pencernaan. Namun, ketika sedang mengalami diare, makanan yang tinggi serat justru dapat memperparah keluhan pada sebagian orang.

Karena itu, ketika sedang diare, konsumsilah makanan rendah serat untuk dapat membantu memadatkan tinja. Contoh jenis makanan rendah serat antara lain pisang, nasi putih, saus apel (apple sauce), dan roti.

5. Hindari jenis makanan ini

Saat sedang diare, hindari jenis makanan seperti makanan berminyak, asam, mengandung pemanis buatan, dan tinggi serat karena dapat memperparah diare atau memicu diare.

6. Konsumsi Zinc

Selain obat diare di atas, penderita diare, utamanya anak-anak, juga direkomendasikan untuk mengkonsumsi zink. WHO dan UNICEF merekomendasikan untuk anak di bawah 6 bulan yang menderita diare akut mengkonsumsi zink 10 mg. Sedangkan yang berusia di atas 6 bulan 20 mg.

Berbagai peneilitian menunjukkan bahwa suplemen zinc dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan diare.

7. Minum oralit

Diare bukan hanya akan menyebabkan anda kehilangan cairan, tetapi juga energi dan mineral. Olehnya itu, disarankan untuk mengkonsumsi oralit bagi penderita diare. Oralit sendiri merupakan campuran gula dan garam. 

Anda bisa membelinya dalam bentuk oralit langsung (kandungan natrium klorida, kalium klorida, glukosa, dan natrium bikarbonat) atau membuatnya sendiri.

Cara membuat oralit adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan gula dengan ¼ sendok makan garam dapur ke dalam segelas air.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut