get app
inews
Aa Read Next : UPZ Kemenag Tasyarufkan Zakat Baznas ke Puluhan Guru Honorer dan Anak Yatim

Kota Pekalongan Seriusi Peningkatan Mutu Pendidikan

Senin, 25 Juli 2022 | 14:48 WIB
header img
Walikota Pekalongan, Ahmad Afzan Arslan Djunaid serahkan SK GTT dan PTT kepada 475 guru dan tendik honorer secara simbolis di halaman Kantor Setda Kota Pekalongan (Senin, 25/7/2022).

PEKALONGAN, iNewspantura.id — Upaya peningkatan mutu pendidikan di Kota Pekalongan tampaknya terus mengalami perkembangan. Hal tersebut tampak terlihat melalui penyerahan SK kepada 475 guru dan tenaga kependidikan honorer yang selama ini bekerja di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Pekalongan.

Diserahkan langsung oleh Walikota Pekalongan, Ahmad Afzan Arslan Djunaid, penyerahan SK tersebut dinilai menjadi momentum bersejarah bagi dunia pendidikan di Kota Pekalongan. Pasalnya, selama ini pemberian SK hanya dilakukan oleh Kepala Sekolah yang sebenarnya tidak memiliki kewenangan tersebut. 

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Zainul Hakim mengungkapkan bahwa momentum ini menjadi bukti komitmen pihaknya di dalam meningkatkan mutu pendidikan. Setidaknya, melalui penyerahan SK tersebut, kesejahteraan bagi GTT dan PTT di satuan pendidikan negeri dapat lebih ditingkatkan.

Meski begitu, Zainul Hakim menyebutkan, peng-SK-an tersebut dilakukan dengan memperhatikan kriteria dan persyaratan yang ketat. Diantaranya guru yang bersangkutan telah bersertifikasi, telah mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG), maupun memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

“Sementara ini memang mereka sebelumnya diangkat untuk mendapatkan surat tugas maupun SK dari kepala sekolah. Sehingga, posisi mereka yang mengabdi sudah cukup lama itu sangat kasihan, tidak ada perhatian.  Berbeda dengan sekolah swasta, yang karena dalam yayasan sebagai penyelenggara pendidikan, maka berhak menerbitkan SK. Sehingga, guru dan tenaga kependidikan yayasan justru sudah masuk di Dapodik dan memiliki NUPTK, mereka bisa ikut PPG dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan sertifikasi guru,” papar Hakim.

Oleh karena itu, Dinas Pendidikan Kota Pekalongan berupaya untuk memberikan solusi melalui kajian bersama dan melakukan paparan dengan jajaran Pemkot Pekalongan dan Tim Anggaran Kota Pekalongan agar kesejahteraan para GTT dan PTT di sekolah-sekolah negeri di Kota Pekalongan bisa meningkat.

“Sehingga, dengan kepemilikan SK GTT dan PTT ini, mereka memiliki kesempatan untuk menambah kesejahteraan. Sebenarnya sumber penggajiannya masih sama, yaitu melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS), kalau mereka sudah masuk Data Pokok Pendidikan (Dapodik), nanti mereka juga mendapatkan dana bantuan penghargaan dan perlindungan (Harlindung) sebagai tambahan kesejahteraan bagi mereka,” tandas Hakim.

Editor : Ribut Achwandi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut