get app
inews
Aa Read Next : Kisah Imam Ghozali Tertegun Mendengar Nasehat Seorang Perampok

4 Tipe Orang Wara' Menurut Imam Al Ghazali

Jum'at, 29 Juli 2022 | 09:04 WIB
header img
4 Tipe Orang Wara' Menurut Imam Al Ghazali (Foto: Okezone)

MENURUT Imam Al Ghazali, wara' merupakan sikap meninggalkan atau menghindari segala hal yang mengandung syubhat atau tidak jelas status halal haramnya. Zuhud adalah sikap meninggalkan keduniaan sebab mengerti bahwa dunia itu adalah hina bila dibanding dengan keindahan akhirat.

Kehidupan duniawi merupakan kehidupan sementara, senda gurau, dan kesenangan yang sifatnya fana serta menipu. Sedangkan akhirat adalah sebaik-baik tempat kembali bagi manusia.

Diketahui, terdapat beberapa tipe orang wara'. Lantas, apa saja? Simak penjelasannya berikut ini menurut Imam Al Ghazali, sebagaimana telah dikutip Okezone (28/7/2022).

1. Wara'ul 'adl

Sikap wara' orang yang adil (wara'ul adl) merupakan sikap menghindari segala perbuatan atau ucapan yang bisa mengantarkan dirinya menjadi fasik. Tingkatan wara' termasuk tingkatan yang paling dasar yang setiap Muslim harus mampu melakukannya, yakni menghindari setiap yang telah difatwakan haram oleh para ulama ahli fikih (fuqaha).

2. Wara' kaum shalihin

Sikap wara' orang salih (wara' kaum shalihin) adalah tipe wara' yang tingkatannya lebih tinggi dari wara'ul adl. Diketahui bahwa kesalehan lebih tinggi tingkatannya dari 'adil.

Oleh karena itu, para nabi senantiasa berdoa menjadi orang-orang salih. Sementara kesalihan sendiri memiliki tingkatan-tingkatan yang berbeda-beda juga.

Wara' kaum shalihin adalah sikap menghindari perkara-perkara yang syubhat yaitu perkara yang difatwakan oleh para fuqaha secara zahir tidak haram namun memungkinkan juga perkara tersebut haram.

Orang dengan sikap wara' ini akan memilih menghindari perkara yang memiliki ikhtilaf atau perbedaan pandangan ulama berkaitan dengan status hukum di dalamnya.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut