get app
inews
Aa Read Next : Presiden Jokowi Buka Muktamar Sufi Internasional 2023 di Kota Pekalenongan

6 Pengusaha Sukses Indonesia Lulusan Luar Negeri , Nomor 2 dan 6 Jadi Menterinya Jokowi

Selasa, 23 Agustus 2022 | 14:04 WIB
header img
6 Pengusaha Sukses Indonesia Lulusan Luar Negeri , Nomor 2 dan 6 Jadi Menterinya Jokowi (Foto: Okezone)


Pengusaha sukses Indonesia dari lulusan luar negeri, ada banyak yang warga negara Indonesia yang berkuliah di luar negeri. Namun hanya sedikit yang berhasil, beberapa dari lulusan luar negeri ini begitu menginspirasi. Mereka berhasil mengenyam pendidikan di luar dan mengaplikasikan di Indonesia. 

Bahkan beberapa diantaranya berhasil menciptakan lapangan kerja dan membantu perekonomian Indonesia. Tidak heran beberapa dari mereka kemudian dipercaya menjadi pembantu Presiden atau Menteri untuk membangun Indonesia.

Berikut penjelasan 6 Pengusaha Sukses Indonesia Lulusan Luar Negeri   yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber. 

1. Daliana Suryawinata
Daliana Suryawinata merupakan satu-satunya arsitek perempuan Indonesia yang masuk dalam daftar "100 Women to Watch in Architecture" pada penghargaan Architizer A+Awards. Ia merupakan pendiri Suryawinata-Heinzelmann Architecture & Urbanism (SHAU) yang dikenal sebagai kantor arsitektur yang kerap menerima penghargaan bergengsi level internasional.

Kantor Daliana tersebar di tiga kota di dunia yakni, Rotterdam di Belanda, Munich di Jerman, dan Jakarta di Indonesia. Ia juga membuat beberapa proyek hebat, salah satunya Microlibrary tersebut merupakan perpustakaan bermaterialkan kayu yang terpilih sebagai karya arsitektur terbaik untuk kategori Public and Landscape Architecture.
2. Erick Thohir
Erick Thohir, B.A., M.B.A. merupakan Menteri Badan Usaha Milik Negara Indonesia ke-9. Sebelum menjabat menteri, ia merupakan pengusaha dan pendiri Mahaka Group yang merupakan perusahaan induk dari perusahaan yang memiliki fokus pada bisnis media dan entertainment.

Berbagai unit usaha Mahaka seperti di bidang penyiaran (PT Mahaka Radio Integra Tbk), stasiun televisi (Jak TV), media luar ruang (Mahaka Advertising), media cetak (Harian Republika, Golf Digest), pemesanan dan penjualan tiket digital (Rajakarcis.com), dan berbagai perusahaan lainnya yang bergerak di bisnis olahraga dan hiburan.


Erick sendiri merupakan lulus program Master untuk Bisnis Administrasi (Master of Business Administration) dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat tahun 1993. Sebelumnya ia memperoleh gelar sarjana (Bachelor of Arts) dari Glendale University.

Editor : Hadi Widodo

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut