get app
inews
Aa Read Next : Abah Juhani yang Minta Turun dari Pesawat Gara-gara Ingat Ayam, Berangkat Haji dengan Jual Sawah

Viral, Masjid Noori Muncul Kembali Setelah 37 Tahun Tenggelam di Dasar Danau

Jum'at, 16 September 2022 | 08:50 WIB
header img
Viral, Masjid Noori Muncul Kembali Setelah 37 Tahun Tenggelam di Dasar Danau (Foto: Okezone)

Jakarta, InewsPantura.id- Masjid Noori Muncul Kembali Setelah 37 Tahun Tenggelam di Dasar Danau  Phulwaria negara bagian distrik Nawada, India. Masyarakat sekitar  kaget melihat area Danau mengering dan terdapat masjid di dalamnya.

Masjid Noori yang berusia lebih satu abad itu terletak di Desa Chiraila blok Rajauli. Masjid ini sekarang terlihat kembali setelah mengeringnya air di ujung selatan Danau Phulwaria.

Melansir dari The Express Tribune, Kamis (15/9/2022), Masjid Noori tenggelam setelah dibangunnya Bendungan Phulwaria pada 1985 atau 37 tahun lalu. Ketinggian masjid dari tanah hingga kubah atas sekitar 10 meter.

Menurut laporan, kemunculan masjid tersebut menimbulkan rasa penasaran di kalangan masyarakat setempat. Mereka terbiasa melihat area Danau dipenuhi air, kini cukup kaget melihat area Danau mongering dan terdapat masjid di dalamnya.

Banyak warga yang masuk ke dalam masjid, terkejut menemukan bangunan itu benar-benar utuh. Ini adalah bagian paling menarik dari masjid setelah terendam selama beberapa dekade bahkan tidak ada kerusakan sedikitpun pada strukturnya.

Sebelumnya, ketika ketinggian air surut, hanya sebagian kubah masjid yang terlihat dan orang-orang tidak dapat melihat apa yang sebenarnya terjadi. Sekarang mereka melihat masjid di tempat terbuka ketika waduk benar-benar kering, rasa penasaran mereka kini telah hilang.


Masjid yang terendam air ini sudah ada sebelum pekerjaan pembangunan Danau Phulwaria yang dimulai tahun 1979. Masjid dibiarkan tak tersentuh bahkan setelah pembangunan Danau selesai.

Penampungan air bendungan benar-benar menenggelamkan seluruh tempat termasuk masjid.

 

Banyak yang mengatakan bahwa masjid ini dibangun sekitar awal abad ke-20, dan berusia sekitar 120 tahun.

Kesimpulan tersebut diambil setelah melihat arsitektur kubah masjid yang jauh lebih tajam dalam penampilan dan perbaikan pada kubah yang dibangun pada masa Mughal terakhir.

Editor : Hadi Widodo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut