Logo Network
Network

Wow! Pemakaman Ratu Elizabeth II Diperkirakan Menelan Biaya Rp 136 Miliar

Ariq Hibatulloh
.
Rabu, 21 September 2022 | 16:09 WIB
Wow! Pemakaman Ratu Elizabeth II Diperkirakan Menelan Biaya Rp 136 Miliar
biaya pemakaman Ratu Elizabeth II mencapai Rp 136 Miliar. Foto: REUTERS

JAKARTA, iNewsPantura.id - Pemakaman Ratu Elizabeth diperkirakan menelan biaya hingga 8 juta poundsterling atau sekitar Rp136 miliar. Pihak Kerajaan Inggris tidak mempublikasikannya biaya kegiatan itu namun pihak Independent menaksir biayanya fantastis dan mencapai sekitar Rp 136 miliar.

Ratu Elizabeth II dimakamkan di Kapel St George di Kastil Windsor, Inggris pada Senin (19/9/2022) setelah melewati rangkaian upacara selama 10 hari. Seremoni pemakaman kenegaraan pada Senin kemarin tersebut berlangsung selama satu jam dan digelar di Westminster Abbey. Diperkirakan sekitar 500 tamu kehormatan asing serta para pemimpin negara hadir dalam acara seremoni tersebut.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II digelar secara besar-besaran dan melibatkan banyak orang. Maka tak heran jika biaya pemakaman kenegaraan ini mencapai nilai yang fantastis. Lantas, berapa biaya pemakaman Ratu Elizabeth II? Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Meski pihak Kerajaan Inggris tidak mempublikasikannya secara resmi, namun menurut Independent, biaya pemakaman Ratu Elizabeth II diperkirakan mencapai 8 juta poundsterling atau sekitar Rp136 miliar.

Seorang mantan penjaga keamanan Kerajaan Inggris, Simon Morgan, mengatakan kepada New York Post bahwa untuk segi keamanannya saja bisa menelan biaya hingga 7,5 juta dolar AS.

 "Ini adalah operasi kepolisian terbesar yang pernah dilakukan kepolisian Inggris," kata Simon Morgan, Jumlah ini bahkan diklaim lebih besar dari harga keamanan untuk Olimpiade 2012 yang diadakan di London. Biaya pemakaman kenegaraan tersebut didanai oleh uang publik. Itu artinya para pembayar pajak yang membiayainya.

Sedangkan menurut The Evening Standard, jika biaya pemakaman, hari libur bank dan penobatan Raja Charles III digabungkan, maka kematian Ratu Elizabeth II akan menelan biaya hingga miliaran dollar secara keseluruhan.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Fantastis! Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Diklaim Capai Rp136 Miliar ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/fantastis-biaya-pemakaman-ratu-elizabeth-ii-diklaim-capai-rp136-miliar.

 

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News

Bagikan Artikel Ini