get app
inews
Aa
Read Next : Perang Tak Kunjung usai, Puluhan Ribu Warga Rusia dan Ukraina 'Ngungsi' ke Bali

Terbesar di Dunia, Pesawat Airbus A380 Akan Mendarat di Bali

Selasa, 31 Januari 2023 | 11:24 WIB
header img
Pesawat komersial terbesar di dunia yaitu Airbus A380 milik Maskapai Emirates Airlines akan mendarat di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali (Bandara Ngurah Rai), Bali pada Juni 2023. Foto:Ist


 JAKARTA, iNewsPantura.id – Pesawat komersial terbesar di dunia yaitu Airbus A380 milik Maskapai Emirates Airlines akan mendarat di  Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali (Bandara Ngurah Rai), Bali pada Juni 2023.

Airbus A380 adalah pesawat dengan dua lantai yang memiliki panjang 72,73 meter dan tinggi 24,1 meter. Lebar pesawat hingga ke bagian sayap adalah 79,50 meter, dan lebar bagian roda 14,31 meter. Pesawat itu berkapasitas 600 penumpang.Terkait dengan rencana kedatanangan Airbus A380 itu itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara membuat serangkian persiapan.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni, mengatakan Kemenhub sedang menyiapkan rencana operasional khsus baik secara teknis maupun pelayanan dari Bandara Ngurah Rai untuk menyambut kedatangan pesawat tersebut. “Karena kapasitas pesawat ini besar sekali dan dimensi pesawat terdiri dari dua lantai, maka membutuhkan waktu penanganan (handling) dan peralatan (equipment) yang berbeda dengan pesawat lainnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (31/1/2023).

Adapun sejumlah persiapan yang dilakukan Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara antara lain: - penanganan ground handling - garbarata - pengisian bahan bakar (fuel handling) - Custom - Immigration and Quarantine (CIQ) - Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran(PK-PPK) - Penanganan penumpang (pax handling). “Kami juga harus memastikan kesiapan alternate aerodrome yaitu bandara alternatif terdekat yang mampu menampung pesawat A380, apabila terjadi gangguan di Bandara Ngurah Rai,” ujar Kristi.

 

Editor : Muhammad Burhan

Follow Berita iNews Pantura di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut